Melompat-lompat di Antara 'Batu' Buatan di Bendungan Colo Sukoharjo

Melompat-lompat di Antara 'Batu' Buatan di Bendungan Colo Sukoharjo
Bendungan Colo yang instagramabel. (Instagram.com/unggulwonogiri)

Di Bendungan Colo Sukoharjo, pengunjung bisa menemukan banyak sudut yang bagus untuk berfoto. Di sana pula, kita bisa melihat langsung derasnya laju sungai Bengawan Solo yang dibendung.

Inibaru.id - Sudah berapa kali kamu berwisata dengan tempat tujuan bendungan? Sudahkah menapakkan kaki ke salah satu bendungan apik di Indonesia, yakni Bendungan Colo, Sukoharjo, Jawa Tengah? Yap, bendungan ini cocok banget untuk kamu kujungi karena pemandangannya bagus dan biaya masuknya gratis.

Bendungan Colo ada di perbatasan antara Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, dengan Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Fungsi dari bendungan ini adalah untuk menahan aliran Sungai Bengawan Solo.

Bendungan Colo. (Instagram.com/danarsibolang)

Meski tempat wisata itu belum tergarap optimal, nggak ada salahnya kamu melihat batapa megah dan uniknya bendungan yang mempunyai luas 32.200 hektare tersebut. Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan sesampai di sana.

Pertama, tentu saja berfoto ria. Dari atas maupun turun ke bawah, foto-fotomu bakal dihiasi dengan latar tembok beton dan pintu air bendungan yang kokoh. Pada bagian bawah, dekat pintu air, banyak banget tumpukan beton yang pastinya manis banget untuk jadi sasaran jepret kameramu.

Bendungan Colo. (Instagram.com/theguhw)

Eits, tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati, ya! Deretan beton itu berada tepat di depan pintu air. Bakal berbahaya buatmu jika Sungai Bengawan Solo sedang berarus besar.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah memancing. Di situ merupakan kawasan sungai yang mempunyai banyak ikan. Kamu bisa turut bergabung dengan para pemancing yang datang ketika hari menjelang siang dan pulang saat malam dengan hasil tangkapannya.

Bendungan Colo. (indonesia.tripcanvas.co)

Sayang, tempat ini belum mendapat perhatian serius dari Pemerintah setempat. Jadi, sebagai objek wisata, Bendungan Colo masih mempunyai banyak kekurangan.

Semoga dengan semakin banyak wisatawan yang datang ke sana, fasilitas dan infrastruktur bakal segera dibenahi ya, Millens! (IB20/E03)