Murah tapi Nggak Murahan, Berlibur ke Pantai Pemberian Raden Patah: Pantai Ngrenehan

Murah tapi Nggak Murahan, Berlibur ke Pantai Pemberian Raden Patah: Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan. (Kanaljogja)

Duduk santai sembari berswafoto di atas pasir putih pantai selatan yang berpadu kontras dengan lautan biru nan bersi, siapa yang nggak mendambakan liburan semacam itu? Apalagi kalau tiket masuknya murah!

Inibaru.id – Masyarakat Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, meyakini, Pantai Ngrenehan merupakan pemberian Raden Patah, penguasa sekaligus pendiri Kesultanan Demak.

Memang, nggak ada literatur yang menguatkannya, karena posisi Gunungkidul dengan wilayah kekuasaan Kesultanan Demak yang berada di pantai utara cukup jauh. Namun, sebagian masyarakat Desa Kanigoro meyakini, keahlian mencari ikan mereka ditularkan dari Raden Patah.

Keindahan Pantai Ngrenehan. (Mantai)

Entahlah, tapi yang pasti, pantai ini begitu indah. Letaknya menjorok ke daratan, membuat ombak di pantai cukup tenang. Kanan dan kiri pantai yang berupa perbukitan juga kian membuat Pantai Ngrenehan terlindung dari ombak besar.

Lantaran bukan pantai unggulan wisatawan, pantai ini cukup sepi pengunjung, kecuali saat ada ritual larung sesaji pada Bulan Sura. Padahal, dari segi keindahan, pantai tersebut nggak kalah menarik. Biaya masuknya pun terjangkau.

Betah berlama-lama di sini! (Jogjaempatroda)

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Ngenehan, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Sementara, untuk tarif parkir berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 10 ribu per kendaraan.

Di tempat ini, kamu bisa berswafoto sepuasnya, lengkap dengan latar pasir putihnya yang indah dan laut birunya yang bersih. Kuy, mampir ke sini! (IB20/E03)