Mudik Bersama Bayi dengan Kendaraan Umum? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini!

Mudik Bersama Bayi dengan Kendaraan Umum? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini!
Mudik bersama bayi. (Travelandleisure)

Mudik atau traveling bersama bayi, terlebih ketika menggunakan transportasi massa, bukanlah hal mudah. Kendati jauh lebih murah ketimbang membawa kendaraan sendiri, sejumlah persiapan harus dilakukan. Hm, apa saja ya?

Inibaru.id – Libur Lebaran telah menjadi saat yang dinanti bagi banyak orang, terutama mereka yang Muslim. Mudik atau kembali ke kampung halaman telah menjadi tradisi tahunan.

Jika kamu termasuk yang merencanakan mudik sambil membawa bayi, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut hal-hal yang sebaiknya kamu dan pasangan cermati saat membawa si kecil.

Pilih Transportasi Ternyaman

Sebagian orang memiliki preferensi terhadap transportasi umum saat mudik. Pastikan transportasi yang kamu pilih bisa memberikan kenyamanan misal, kursi yang bisa direbahkan.

Nggak hanya kendaraan, waktu berangkat pun perlu dipertimbangkan. Jika bayi jarang tantrum pada malam hari, kamu bisa mengambil waktu keberangkatan pada sore hari.

Pastikan Membawa Perlengkapan Bayi yang Komplet

Memiliki bayi membuat orang tua otomatis harus teliti saat mengemas perlengkapan bayi. Jangan sampai hal-hal kecil tapi penting kamu abaikan.

Perlengkapan mandi hingga selimut wajib masuk ke dalam tas. Atur pula perlengkapan darurat seperti minyak telon, popok, dan selimut di tempat yang mudah dijangkau.

Perhatikan Usia Bayi

Bayi di bawah usia tiga bulan masih rentan untuk dibawa bepergian. Sebaiknya, hindari dulu bepergian jarak jauh jika memakan waktu terlalu lama. Berkumpul bersama keluarga memang penting, tapi pastikan dulu apakah bayimu sudah memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Jika memang sudah bisa diajak mudik, kamu tetap harus memastikan buah hatimu dalam keadaan yang sehat. Jadi, periksakan dulu buah hatimu ke dokter sebelum berangkat ya!

Setiap orang tentu memiliki pertimbangan untuk mudik. Jika kamu mempersiapkannya dengan baik, mudikmu bersama si kecil tentu lebih nyaman. Yang nggak kalah penting, jangan lengah selama perjalanan ya. Hati-hati di jalan, Millens! (IB15/E03)