Mirip dengan Taman Sari, Situs Warungboto Kian Hit di Yogyakarta

Mirip dengan Taman Sari, Situs Warungboto Kian Hit di Yogyakarta
Situs Warungboto di Umbulharjo yang mirip dengan Taman Sari. (Explorewisata)

Untuk berwisata, Yogyakarta memang nggak ada matinya. Yang terbaru, kamu bisa menyambangi Warungboto yang sekilas mirip dengan Taman Sari yang sudah lebih dulu terkenal.

Inibaru.id – Buat kamu yang sudah pernah main ke Taman Sari pasti melihat ada kemiripan Situs Warungboto dengan lokawisata tersebut. Bahkan, di medsos, nggak sedikit orang yang beranggapan bahwa situs itu adalah Taman Sari, padahal keduanya sama sekali nggak punya pertalian.

Namun, nggak ada yang bisa menampik kalau arsitektur situs ini memang mirip dengan Taman Sari. Di sana, ada dua kolam besar berbentuk bulat dan persegi.

Dulu, situs ini merupakan pesanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono II. Jadi, sangat wajar kalau antara Situs Warungboto dengan Taman Sari memiliki kemiripan.

Situs yang baru selesai dipugar dan diresmikan pada 2016 ini mulai ramai pengunjung. (Tribunnews)

Oya, lantaran terhitung anyar karena baru saja diresmikan sebagai cagar budaya pada 2016 lalu, nggak sedikit yang belum mengetahui situs tersebut. Peningkatan pengunjung baru terjadi sekitar 2018 kemarin setelah banyak orang yang mengunggah situs ini di medsos.

Arsitektur zadul yang ditampilkan di situs tersebut memang cukup Instagenik. Jadi, wajar kalau sekarang tempat itu banyak dikunjungi wisatawan pencinta fotografi.

Warungboto menjadi salah satu spot pre-wedding oleh Kahyang, putri Presiden Jokowi. (Tribunnews)

Nah, buat yang penasaran dengan situs ini, kamu bisa langsung mampir, ya, Millens! Mumpung liburan panjang, nih! Lokawisata itu gratis kok. Kamu mungkin hanya bakal dimintai biaya parkir sekitar Rp 3.000.

Tertarik menyambanginya? Nggak sulit kok menemukan tempat ini, karena Situs Warungboto berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Veteran No 77, Umbulharjo, Yogyakarta. Wah, enak nih! (IB23/E03)