Merasa Pulang Kampung, Satu dari Lima Alasan Kenapa Harus ke Desa Wisata Candirejo

Merasa Pulang Kampung, Satu dari Lima Alasan Kenapa Harus ke Desa Wisata Candirejo
Berkuda bersama mengelilingi desa adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan selama berada di Candirejo. (Twitter)

Menikmati alam pedesaan yang masih asri lengkap dengan seluruh kegiatan warga, disambut ramah penduduk desa, hingga menikmati aneka kuliner khasnya yang legit, siapa tak ingin ke sini? Ayo, cari alasanmu ke Desa Wisata Candirejo di sini!

Inibaru.id - Tinggal di perkotaan tampak menyenangkan karena umumnya dipenuhi fasilitas publik dan suasana kota yang nggak pernah mati. Namun, terkadang keadaan itu juga bikin penat, terlebih saat kerjaan sulit dijeda. Ketika ada waktu libur, rasanya pengin langsung kabur ke desa.

Yap, menepi sejenak ke desa memang ada baiknya. Di Jawa Tengah, Desa Wisata Candirejo mungkin bisa kamu jadikan sebagai alternatif saat berlibur. Yap, semua tersedia lengkap di sana, versi pedesaan tentu saja. Hm, kenapa harus ke sini?

Dekat Borobudur

Berada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Desa Candirejo hanya berjarak tiga kilometer saja dari Candi Borobudur. Dulu, desa ini memang menjadi tempat singgah para wisatawan yang berniat ke candi tersebut, meski saat ini Candirejo juga menawarkan pesona wisata sendiri.

Mengunjungi tempat ini pun nggak bakal menyulitkanmu, karena kamu cukup mencari Candi Borobudur, maka desa itu pun bakal ketemu. Kamu bisa mengakses desa via kendaraan umum hingga kendaraan pribadi.

Tradisi yang Kental

Tradisi masyarakat yang terjaga dengan baik, pemandangan alam yang eksotis, suasana tenang tanpa klakson kendaraan yang saling memaki, iring-iringan delman dan sepeda, plus udara yang penuh oksigen, adalah paket lengkap yang harusnya menjadi alasan yang kuat untuk kamu datang ke sana.

Desa Wisata Candirejo menawarkan tradisi masyarakat Jawa yang terjaga, mulai dari sistem pertanian yang masih tradisional, hingga kebudayaan Jawa yang masih sering diperagakan seperti Jathilan, Gatholoco atau Wulungsunu, membatik, dan berlatih gamelan.

Tak Terjamah Peradaban kota

Poin ini menjadi poin utama kenapa kamu harus menginjakkan kakimu di sini. Tradisi masyarakat yang terjaga dengan baik, pemandangan alam yang eksotis, suasana tenang tanpa klakson kendaraan yang menggebu-gebu, iring-iringan delman, dan udara sejuk yang ketika dihirup sangat melegakan dada.

Serasa Pulang Kampung

Kapan lagi kamu bisa disambut ramah, keliling dengan delman, main di sungai, merasakan masakan ala rumahan seperti gudeg, pecel, dan babat gongso dengan harga murah meriah merakyat.Ya tentu saja di kampung halaman.

Nah, perjalanan menuju Desa Candirejo ini tentu membuatmu serasa pulang ke kampung halaman. Kamu yang datang ke sini dijamin bakal betah.

Ikut Aktivitas Warga Setempat

Berinteraksi langsung dengan masyarakat adalah salah satu andalan di Desa Wisata Candirejo ini. Di sana, kamu bakal diajak mengikuti aktivitas warga setempat seperti agrowisata desa, aktivitas sungai, pendidikan lingkungan sekitar, kesenian tradisional, hingga ke wisata yang mengusung kehidupan masyarakat.

Pada waktu-waktu tertentu, kamu juga bisa mengikuti acara setempat seperti panen raya, sedekah bumi, atau wayangan.

Gimana, menarik dicoba? Silakan datang dan nikmati sendiri ya, Millens! (IB20/E03)