Menyibak Keindahan Pekalongan di Hutan Petungkriyono

Alamnya asri dipenuhi pelbagai fauna yang menawan dan flora yang beragam. Itulah Hutan Petungkriyono. Menyusurinya, kamu bakal menjumpai keindahan yang tiada habisnya.

Menyibak Keindahan Pekalongan di Hutan Petungkriyono
Keindahan alam Petungkriyono. (Indonesiaadventouring.wordpress)

Inibaru.id – Kabupaten Pekalongan di Jawa Tengah nggak hanya menyuguhkan batik yang indah dan kuliner yang memanjakan lidah. Keindahan alam kabupaten ini juga sayang untuk nggak dijelajahi. Keindahan alam itu bisa kamu saksikan di Hutan Petungkriyono.

Bertempat di Kecamatan Petungkriyono, kamu bisa melihat beberapa satwa liar seperti elang, owa Jawa, lutung, dan monyet di sana. Menjelang sore, jika beruntung kamu bisa menikmati kawanan lutung dan monyet yang turun untuk bermain-main di pinggir jalan.

Selain satwa liar, keindahan flora seperti anggrek dan kantong semar juga bisa kamu jumpai di hutan lindung tersebut.

Owa Jawa di Sokokembang, hutan di kawasan Petungkriyono. (SwaraOwa)

Karena hewan-hewan ini masuk dalam daftar yang dilindungi, jangan meninggalkan sampah di sana ya. Kamu tentu nggak pengin kan berkontribusi mengotori tempat tinggal mereka.

Selama menjelajahi hutan seluas 6.000 hektare ini, sebaiknya berhati-hati juga saat menggunakan korek api.

Pengin menikmati keindahan alam Hutan Petungkriyono, Millens? Hm, bulan depan sebaiknya cobalah datang ke Pekalongan ya!

Salah satu objek wisata di Petungkriyono yang pantang kamu lewatkan. (Jarangpanas)

Lepas menjelajahi hutan ini, jangan lupa jajal kuliner khasnya seperti nasi megono dan kopi tahlil ya. Selamat berlibur! (IB15/E03)