Puas Memandang Laut Lepas Samudera Hindia dari Tebing Pantai Sembukan

Puas Memandang Laut Lepas Samudera Hindia dari Tebing Pantai Sembukan
Pantai Sembukan (widhaks.blogspot.com)

Butuh usaha keras menapaki anak tangga hingga sampai ke puncak bukit yang berbatasan langsung dengan tebing Pantai Sembukan ini. Namun, semua itu terbayar tuntas dengan pemandangan lanskap laut lepas Samudera Hindia yang seolah tanpa batas.

Inibaru.id – Birunya laut serta cantiknya bukit-bukit karang Pantai Sembukan adalah penawar paling pas untuk para pemburu pantai. Berada di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pantai menawan ini memadukan eksotisme dan mitos yang berpadu di balik karang.

Kendati jauh dari pusat kota, mencapai Sembukan tidaklah sulit karena jalannya telah diaspal. Dari pusat kota Wonogiri, kamu butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai di sana. Nah, sekadar saran, ada baiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman menuju pantai indah itu. Oya, pastikan juga bahan bakar kendaraanmu terisi penuh ya, Millens.

Tangga menuju bukit karang Pantai Sembukan. (Twitter/Asliwonogiri)

Untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Sembukan, kamu harus membayar biaya tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Namun, berbeda dengan pantai utara yang relatif landai, sebaiknya kamu nggak berenang di pantai tersebut karena ombaknya terkenal ganas. Namun, sebagai gantinya, kamu bisa menikmati gemuruhnya ombak yang pecah di bukit-bukit karang.

Pantai Sembukan Wonogiri. (Instagram.com/kartikafitrii)

Ada sekurangnya tiga bukit karang yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto-foto di Sembukan. Kamu bisa mencapainya dengan menaiki tangga permanen yang dibuat pengelola. Nah, tariklah napas dalam-dalam sebelum menaikinya, karena bakal butuh tenaga berlebih untuk menggapai ujung ratusan anak tangga itu.

Begitu sampai di puncak, panorama laut lepas Samudera Hindia pasti akan langsung membuatmu takjub. Siapkan kamera dan silakan abadikan momen menarik itu sepuas-puasnya. Harganya juga cukup terjangkau.

Bukit Sembukan. (Instagram.com/kabwonogiri)

Kamu nggak perlu takut kelaparan di Pantai Sembukan. Kawasan wisata tersebut telah dilengkapi pendapa, musala, dan kantin. Jadi, sembari menikmati keindahan laut luasnya dari ketinggian, kamu juga bisa sekalian mengisi perut dengan meminum es kelapa muda atau makan gorengan.

Pemandangan Pantai Sembukan di sore hari. Cantik kan? (Backpackerjakarta.com)

Mitos

Sebagian masyarakat setempat meyakini, Pantai Sembukan konon merupakan akses pintu ke-13 bagi Nyi Roro Kidul, sang Ratu Laut Selatan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Nyi Roro Kidul menggunakan pintu ini untuk menghadiri pertemuan penting bersama raja-raja Kasunan Surakarta.

Karena mitos itu pula, nggak sedikit orang ke sana untuk melakukan ritual-ritual tertentu guna melancarkan urusan mereka. Bahkan, Kasunanan Surakarta juga mengadakan Larung Agung tiap perayaan 1 Suro. Ritual itu digelar untuk menghormati Nyi Roro Kidul.

Ritual di Pantai Sembukan Wonogiri. (sofianiyulaika.wordpress.com)

Yang perlu diingat jika kamu mengunjungi pantai ini adalah selalu ikuti peraturan yang telah dibuat pengelola. Selamat bersenang-senang, Millens! (IB15/E03)