Menuju Posong, Menanti Mentari Terbit di Kaki Sindoro

Matahari terbit selalu menjadi pemandangan indah yang sayang untuk kita lewatkan. Apalagi kalau melihatnya dari kaki gunung dengan pemandangan alam yang indah.

Menuju Posong, Menanti Mentari Terbit di Kaki Sindoro
Gunung Sindoro dan kebun tembakau menjadi latar belakang matahari terbit di Posong. (kesiniaja.com)

Inibaru.id – Menyaksikan matahari terbit yang indah di tengah udara dingin khas pegunungan adalah momen berharga bagi seorang pemburu sunrise. Situasi seperti itu memang begitu dramatis. Inilah yang membuat banyak orang rela naik gunung atau berdiam diri di lereng gunung hingga dini hari menjelang hanya untuk melihat mentari keluar dari peraduannya.

Satu tempat menarik bagi sunrise hunters di Jawa Tengah adalah Wisata Alam Lembah Posong di Kabupaten Temanggung. Posong berada di ketinggian 2.000 mdpl. Nggak salah kalau lokawisata ini menyajikan keindahan alam pegunungan yang nggak bakal kamu lupakan, salah satunya matahari terbit yang begitu eksotis.

Mentari terbit di Posong. (Shutterstock.com/Naufal Ilham S)

Posong berlokasi di Jalan Parakan-Wonosobo KM 9, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung. Kalau kamu berkendara dari pusat kota Temanggung, gerbang menuju Posong ada di sisi kanan jalan.

Kalau kamu pengin menyaksikan matahari terbit, kamu harus berangkat dini hari ya. Posong dibuka mulai pukul 04.00 WIB. Jarak dari gerbang menuju Puncak Posong kira-kira satu jam. Eits, hati-hati saat menyusuri jalanan menanjak menuju Posong. Medannya lumayan terjal dan berkelok-kelok. Namun, harumnya tembakau di kanan-kirimu bakal tetap membuatmu bersemangat, kok.

Berkemah di Posong. (luarbiasa.org)

Oya, kamu juga bisa, lo, menikmati suasana Posong sejak malam. Berkemah saja di sana! Kamu bisa melihat hamparan bintang di langit malam. Jadi, berharaplah nggak hujan. Kamu bisa menyiasatinya dengan bertandang ke Posong saat musim panas.

Matahari terbit di Posong indah banget. Semburat keemasan merekah di kaki gunung Sindoro. Nggak cuma itu, latar belakang jajaran gunung lainnya juga menambah estetika. Punggung Gunung Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Merapi, dan deretan gunung lain akan menyapamu dari kejauhan.

Posong juga memiliki spot instagramabel. (hijabtraveler.com)

Beritagar.id (9/7/2017) menulis, ada empat gardu yang bisa kita gunakan untuk menikmati pemandangan Posong. Jadi, kamu bisa duduk sembari bercengkerama dengan keluarga, teman, atau gebetan di sana. Fasilitas pendukung seperti musala, kamar mandi, dan warung kopi juga ada, meski baru buka sekitar pukul 07.00 WIB. Ha-ha.

Untuk masuk ke Posong, kamu hanya perlu membayar Rp 2.000 per orang. Kamu juga bakal dikenai retribusi parkir sebesar Rp 2.000 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Terjangkau dong, ya?

Wisata Alam Lembah Posong di Kabupaten Temanggung. (wisatakuy.com)

Nah, tunggu apa lagi? Mumpung masih musim kemarau dan waktu liburan juga belum habis, segera kemasi pakaian hangatmu! Berangkat, kuy! (IB10/E03)