Berziarah hingga <em>Trekking</em> Asyik di Desa Kembanglimus Magelang
Gereja Ayam, salah satu spot wisata yang cukup terkenal di Desa Kembanglimus Magelang. (Youtube)

Berziarah hingga Trekking Asyik di Desa Kembanglimus Magelang

Pemandangan alam yang cantik, arsitektur yang menawan, dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, menjadi daya tarik di desa yang berada di kompleks Candi Borobudur Magelang ini. Yap, Desa Wisata Kembanglimus namanya. Apa saja yang ada di dalamnya?

Inibaru.id – Desa Kembanglimus berlokasi sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur, Magelang. Sebagai salah satu desa wisata, Kembanglimus memiliki beberapa tempat yang bisa kamu sambangi. Jika kamu senang bertualang, sebaiknya Balai Ekonomi Desa (Balkondes) ini nggak kamu lewatkan.

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah makam Kiai Mohammad Usuludin dan Kiai Muhamad Ciptogoro. Makam kedua pemuka agama ini berada di Dusun Bogelan dan biasanya diziarahi banyak orang saat Ramadan.

Selain makam keramat, jangan lupa untuk melakukan trekking ke Punthuk Cemuris dan Seberuk. Kedua bukit yang berada di Dusun Wotonigo ini dijamin bakal bikin paru-parumu dipenuhi oksigen yang berkualitas, deh! Ha-ha.

Penginapan di Desa Kembanglimbus ini menarik wisatawan mancanegara, lo. (rest-area-borobudur-balkondes-kembanglimus.business)

Untuk mencapai puncak bukit-bukit tersebut, kamu bisa melalui tiga jalur yakni arah Puthuk Setumbu dengan jarak sekitar 200 meter, arah Dusun Wotonigo sekitar 300 meter, dan Dusun Gombong sekitar 400 meter.

Lelah melakukan trekking, kamu bisa memanjakan lidah di Warung Ampiran. Warung ini menyediakan pelbagai menu tradisional dengan rupa yang menggugah selera, lo.

Baca Juga: Desa Wisata Giritengah Magelang, Persinggahan Pangeran Diponegoro yang Tawarkan Keindahan 4 Gunung

Kalau pengin menikmati suasana yang ramai, datanglah saat tradisi Nyadran digelar. Tradisi ini biasanya digelar pada Kamis pertama Ruwah. Di sana kamu bisa ikutan makan bersama dengan penduduk desa di masjid, lo.

Ah, jadi pengin mengunjungi Desa Kembanglimus, nih. Kira-kira, desa wisata mana lagi yang pengin kamu kunjungi jika berada di Magelang, Millens? (IB15/E03)