Selain Belajar Menari, Desa Wisata Tanon Juga Suguhkan Gunung Telomoyo yang Eksotis

Gunung Telomoyo menjadi salah satu titik untuk menyaksikan keindahan Jawa Tengah dari ketinggian. Agak berbeda dengan kebanyakan gunung, untuk tiba di puncaknya, kamu nggak perlu berjalan kaki. Hm, butuh berapa lama perjalanan untuk tiba di sana?

Selain Belajar Menari, Desa Wisata Tanon Juga Suguhkan Gunung Telomoyo yang Eksotis
Pemandangan dari atas Gunung Telomoyo. (bakpiamutiarajogja.com)

Inibaru.id – Desa Wisata Menari Tanon di Kabupaten Semarang memiliki banyak hal menarik untuk dikunjungi. Selain dikenal lewat kesenian tarinya, desa ini terkenal pula dengan keindahan alamnya. Berada di lereng Gunung Telomoyo bikin desa ini memiliki pemandangan yang cantik.

Nah, kamu yang hobi naik gunung, sebaiknya nggak melewatkan gunung setinggi 1.894 mdpl ini. Dibandingkan dengan Gunung Andong, Gunung Telomoyo memang sedikit lebih tinggi. Keindahan gunung ini bisa disaksikan dari Kabupaten Semarang, Salatiga, Magelang, dan Temanggung.

https://2.bp.blogspot.com/-qoqA9RZ4g08/V7fUZdkntTI/AAAAAAAAFeM/sUNqPO0PVtYpeDip0eOIMm7GkJ0lkyHYACLcB/s640/jalur%2Bgunung%2Btelomoyo.JPG

Jalur menuju Gunung Telomoyo. (Brobali,com)

O ya, untuk mendaki Gunung Telomoyo kamu nggak perlu berjalan kaki seperti biasa. Karena jalurnya sudah diaspal, naik kendaraan tentu jadi lebih menyenangkan.

Kalau kamu berangkat dari Desa Pandean, Magelang, kamu cuma butuh waktu sekitar 15-30 menit, kok. Kendati sudah diaspal, jalur ini sempit dan menanjak. Jadi, sebelum naik, pastikan kamu telah mengecek kondisi kendaraanmu, ya!

(Baca Juga: Betapa Menyenangkan Berwisata ke Dewi Menari Tanon di Lereng Gunung Telomoyo)

http://raw.cdn.baca.co.id/08976bc6-927b-4caa-acab-6d8a15968adc

Luar biasa cantik, kan? (baca.co.id)

Sesampai di sana, kamu bisa menikmati keindahan alam Jawa Tengah dari ketinggian sepuasnya. Konon Gunung Telomoyo merupakan landasan paralayang tertinggi di Indonesia, lo. Wah, kalau beruntung, bisa nih ketemu atlet kita yang sedang latihan di sana.

(Baca Juga: Pilih Pulang Kampung, Kang Tris Bangun Desa Wisata Menari Tanon Semarang)

Eh, kalau sudah puas menikmati keindahan gunung ini, jangan lupa bawa kembali sampah-sampahmu, ya! Dengan menjaga kebersihan Gunung Telomoyo, kamu juga berkontribusi melestarikan objek wisata. Kita kan pencinta alam, bukan perusak alam! Ha-ha. (IB15/E03)