Menjajaki Miniatur Dunia di Small World Baturaden

Bercita-cita berlibur keliling dunia tapi belum punya uang saku? Nggak ada salahnya kamu mampir terlebih dahulu ke Small Worl. Di sana kamu bisa melihat dan hunting tempat wisata yang mirip banget dengan luar negeri.

Menjajaki Miniatur Dunia di Small World Baturaden
Taman Sakura di Small World. (piknikasyik.com)

Inibaru.id – Dalam beberapa tahun terakhir, konsep wisata "melipat dunia", atau menghadirkan ikon-ikon dunia dalam satu tempat tengah digandrungi masyarakat, nggak terkecuali di Banyumas, tepatnya di Kecamatan Baturaden (Baturraden). Berlokasi di atas lahan seluas 1,2 hektare, pelbagai miniatur bangunan ikonik dunia didirikan di sini. Namanya Taman Miniatur Dunia atau Small World Baturaden.

Suhu udara di Kecamatan Baturaden yang sejuk menjadikan tempat tersebut nyaman dikunjungi wisatawan kapan saja. Nggak cuma menampilkan keindahan bangunan-bangunan yang kebanyakan berwarna putih, Small World juga bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak atau siapa saja untuk mengenal lebih dalam tentang ikon-ikon dunia itu.

Mengutip purwokertoguidance.com (2/5/2018), taman yang berada di kaki Gunung Slamet memiliki berbagai miniatur bangunan mahakarya dari berbagai belahan dunia seperti Menara Eiffel, Taj Mahal, Colosseum, Kabah, Menara Pisa, Opera House Sydney, Patung Merlion, hingga Twin Tower. Ada juga kincir angin khas Belanda lengkap dengan bunga tulip yang khas, taman bunga sakura, hingga ikon Nusantara, Candi Borobudur yang megah.

Selain miniatur bangunan dunia, di Small World kamu juga bisa menemukan Tugu Monumen Nasional, Patung Soedirman, miniatur Bundaran HI, dan berbagai rumah adat Nusantara. Hm, cocok banget buat tujuan wisata edukatif untuk mengenalkan adat dan budaya Indonesia!

Selain ada berbagai miniatur bangunan terkenal dunia, kamu juga dapat menikmati berbagai tanaman bunga yang indah dan warna-warni di Small Garden. Dilengkapi berbagai spot foto menarik seperti becak, sepeda hias, hingga patung binatang, penuhilah galeri ponsel pintarmu dengan berswafoto!

Miniatur kincir angin plus hamparan bunga tulip di Small World. (Sportourism.id)

Namun, kamu harus bersabar untuk berswafoto di sana karena lokawisata yang dibuka pada September 2016 itu selalu ramai pengunjung. Siap-siap mengantre ya, Millens!

Nah, buat kamu yang bingung mau mengajak keluarga berlibur, cobalah ke Small World! Tempat ini bakal cocok banget untuk tempat wisata berbagai usia, mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Khusus untuk yang terakhir, taman tersebut juga menyediakan arena bermain anak.  Jadi, kalau anak-anak bosan sekadar melihat-lihat miniatur bangunan, mereka bisa bermain ramai-ramai di bawah pepohonan yang sudah agak rindang.

Kalau kamu capai, butuh makan atau minum, kamu juga nggak perlu keluar dari Small World. Ada cafe yang menyediakan berbagai makanan di sana. Jadi, kamu tetap bisa beristirahat sembari menikmati indahnya pemandangan di Small World. Tersedia juga musala bagi pengunjung muslim, sehingga kamu nggak perlu khawatir ketinggalan waktu salat.

Small Garden. (Aamriyanto.blogspot.co.id)

Small World berlokasi di Jalan Raya Baturaden Barat No 270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Purwokerto atau sekitar 2,5 kilometer dari tempat wisata Baturaden, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Sebagai panduan, kamu bisa menggunakan panduan Google Maps atau bertanya pada penduduk setempat begitu memasuki Desa Ketenger. Begitu sampai loket masuk, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak usia 3-12 tahun selama weekday (Senin-Jumat). Sementara untuk weekend, kamu bakal dikenai tarif Rp 25 ribu (dewasa) dan Rp 15 ribu (anak). Small World buka mulai dari pukul 07.00 - 17.00 WIB.

So, siapkah kamu menjelajah dunia ala Small World? Sedikit tips, sebaiknya datanglah waktu pagi atau sore supaya nggak terlalu panas dan hasil fotomu bagus. Jangan lupa persiapkan gawai dengan kondisi baterei full ya, Millens! (IB05/E03)