Tak Jauh dari Borobudur, Cicipilah Cokelat Ndeso di Desa Bigaran Magelang

Tak Jauh dari Borobudur, Cicipilah Cokelat Ndeso di Desa Bigaran Magelang
Balai Ekonomi Desa Bigaran. (Balkondesborobudur)

Doyan makan cokelat? Makanan ini memang sulit ditolak, ya! Buat kamu pengemar cokelat, berkunjunglah ke Desa Bigaran di Magelang. Dijamin puas!

Inibaru.id – Suasana asri khas pedesaan pagi hari dan ditemani secangkir cokelat hangat, siapa yang bisa menolakknya? Nah, di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, kamu bisa merasakan kenikmatan tersebut.

Desa Bigaran merupakan bagian dari Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wilayah itu menjadi salah satu desa di sekitar Borobudur yang memang tengah dikembangkan menjadi desa wisata atau melalui program balkondes. Program itu adalah kerja sama Dinas Pariwisata Magelang dengan BUMN.

Ya, sejak 2016 lalu, balkondes dikembangkan untuk meningkatkan nilai ekonomi desaberdasarkan sumber daya alam yang dimiliki desa tersebut. Kebetulan, Balkondes Bigaran mempunyai cokelat sebagai potensi desa.

Baca Juga: Desa Wisata Giritengah Magelang, Persinggahan Pangeran Diponegoro yang Tawarkan Keindahan 4 Gunung

Setelah berkunjung ke Candi Borobudur, kamu sebaiknya menyempatkan diri mampir ke Desa Bigaran yang lokasinya berjarak sekitar 10 kilometer. Seperti beberapa desa di sana, Bigaran tentu saja memiliki produk-produk pertanian seperti rambután, kunyit, hingga kayu-kayu seperti jati, mahoni, dan albasia.

Selain produk-produk tersebut, desa ini juga menghasilkan biji cokelat yang diolah menjadi selai. Cokelat khas Bigaran ini tentu sayang kalau nggak jadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

Cokelat Bigaran ini rasanya nggak kalah enak, lo, dari cokelat-cokelat merek terkenal. (Kompas.id)

Selain selai cokelat, produk lain yang sebaiknya dimasukkan ke keranjang belanjaan adalah kopi bigaran, criping talas kimpul, slondok getuk, rengginang, dan tahu. Kamu yang belum pernah menjajal makanan ringan khas pedesaan Jawa Tengah sebaiknya mencoba semua makanan dan minuman itu ya, Millens! He-he.

Sendang Sweni

Selesai berbelanja, taruh dulu oleh-olehmu di mobil dan melesatlah ke Sendang Sweni. Ya, Sendang Sweni menjadi tempat yang biasa dikunjungi wisatawan.

Menurut mitos yang beredar, air sendang ini dipercaya bisa memberi kesembuhan bagi mereka yang sedang sakit sekaligus memberi keberkahan bagi mereka yang berdagang.

Baca Juga: Berziarah hingga Trekking Asyik di Desa Kembanglimus Magelang

Selain Sendang Sweni, ada pula sebuah rumah joglo berusia 100 tahun. Kuatnya rumah ini jadi bukti betapa hebatnya leluhur masyarakat Jawa Tengah dalam merancang bangunan.

Tertarik mengunjungi Desa ? Sebelum ke sana, siapkan dulu bujetnya ya. Jangan sampai dengan bujet yang terbatas, kamu justru nyesal nggak bisa membeli produk-produk unik dari balkondes di Borobudur ini. Yuk, sisihkan dulu uangmu! (IB15/E03)