Naik BRT Menuju Dusun Semilir Semarang, yuk!

BRT mungkin bukan pilihan populer untuk berkendara mengunjungi tempat wisata. Namun gimana rasanya ya menggunakan BRT untuk mengunjungi tempat wisata yang berada jauh dari Kota Semarang? Meskipun sedikit ribet, banyak sisi positif yang bakal kamu dapatkan lo.

Naik BRT Menuju Dusun Semilir Semarang, yuk!
Suasana halte BRT Dewi Sartika saat menjemput dan menurunkan penumpang. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Inibaru.id - Selain pakai kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti BRT layak dicoba untuk menuju lokasi wisata. Nah, viralnya salah satu wahana belanja dan kuliner berjuluk Dusun Semilir di Bawen, Kabupaten Semarang bikin saya penasaran. Lalu saya memutuskan menggunakan BRT untuk mencapai ke lokasi. Meski pilihan ini nggak terlalu populer mengingat lokasinya yang berada di luar Kota Semarang, namun berkendara menggunakan kendaraan umum layak untuk dicoba.

Untuk menaiki transportasi umum yang satu ini, saya harus menunggu di halte terdekat. Tapi buatmu yang tinggal agak jauh dari halte, berjalan kaki cukup terasa melelahkan. Waktu menunggunya pun cukup menguji kesabaranmu, Millens!

Kamu harus rela berdiri jika nggak kebagian kursi ya, Millens! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Dikarenakan area operasional BRT hanya di Kota Semarang, saya perlu transit menggunakan Trans Jateng. Beberapa halte BRT Trans Semarang sudah terintegrasi dengan Trans Jateng. Bagi penumpang pemula seperti saya, agak sulit untuk mencari halte terdekat dari Dusun Semilir. Akhirnya, turun di terminal Bawen adalah pilihan yang terbaik.

Setelah itu, saya harus meneruskan perjalanan dengan naik angkot jurusan Ungaran dan turun tepat di depan Dusun Semilir. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan raya, bikin pengunjung mudah menjangkaunya meskipun dengan kendaraan umum.

Oh ya, total waktu tempuh yang saya butuhkan dari Sampangan hingga tiba di lokasi sekitar 1,5 jam saja. Total ongkos pulang-pergi dari Sukorejo yang saya butuhkan pun cukup terjangkau, hanya 17 ribu. Ongkos tersebut bisa lebih murah jika kamu menggunakan kartu pelajar sekaligus menggunakan promo uang elektronik. Bisa jadi setengah harga lo. Lumayan banget kan?

Jika kamu tertarik mengunjungi Dusun Semilir, pakai kendaraan umum bisa jadi pilihan menarik. Meskipun agak ribet dan butuh perjuangan, naik kendaraan umum bakal bikin kamu punya cerita tersendiri. Selain murah, BRT dan angkot sekarang semakin nyaman. Semoga dengan bertambahnya destinasi wisata juga dibarengi dengan penyediaan fasilitas transportasi umum yang memadai oleh pemerintah. Hal ini agar objek wisata bisa dijangkau oleh kendaraan umum seperti BRT.

Jadi gimana, Millens? tertarik mencoba jalan-jalan pakai kendaraan umum? (Zulfa Anisah/E05)