Menjadi Travel Writer, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Empat hal berikut ini nggak boleh kamu lewatkan kalau kamu ingin menjadi seorang travel writer. Simak ulasannya, ya!

Menjadi Travel Writer, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
Travel writer. (mediashower.com)

Inibaru.id – Jalan-jalan ke berbagai tempat memang mengasyikkan. Nah, tertarik nggak untuk membagikan cerita perjalananmu ke khalayak?

Nggak hanya soal daerah populer yang mainstream, kamu juga bisa mengulik hal-hal unik atau sisi human interest­ dari tempat yang kamu kunjungi. Yap, dengan begitu kamu bisa menjadi seorang travel writer, Millens! Untuk menjadi travel writer, ada baiknya kamu mempersiapkan hal-hal berikut ini!

Tingkatkan Kemampuan Menulis

Meningkatkan kemampuan menulis. (marketingdonut.co.uk)

Konon, cara terbaik untuk improvisasi tulisan adalah dengan terus berlatih menulis. Kamu bisa membaca tulisan para travel writer lainnya untuk tahu bagaimana cara seseorang menceritakan perjalanannya. Lalu, tulislah suatu perjalananmu dengan gayamu sendiri.

Berlatih Fotografi

Berlatih fotografi. (pixabay.com)

A picture is worth a thousand words. Karena itu, kamu perlu banget untuk memperkaya tulisanmu dengan menambahkan foto-foto hasil jepretan kamu. Gunakan internetmu untuk berselancar mencari tutorial fotografi. Nggak perlu kamera yang terlalu mahal, karena foto yang bagus itu dihasilkan oleh skills.

Memulai Blogging

Mulai blogging. (cdn.searchenginejournal.com)

Apakah kamu ingin menulis buku traveling­-­mu sendiri? Atau lebih tertarik menjadi travel blogger? Yang mana pun pilihanmu, nggak ada salahnya untuk belajar menuangkan tulisan dengan menulis di blog. Pilih platform yang kamu suka, tulis, lalu bagikan ke teman-temanmu. Seru, kan?

Nantinya, kamu juga bisa memanfaatkan blog untuk memperoleh pemasukan, misalnya dengan mengaktifkan Google Adsense.

Berani, Tanggap, Kreatif!

 

Berani, tanggap, dan kreatif. (google.com)

Untuk bepergian menuju tempat-tempat asing dan bertemu orang-orang baru, kamu butuh keberanian, lo. Tanamkan rasa percaya diri kamu, dan mengobrolah seperti kamu bertemu kawan lama. Tanggaplah pada hal di sekitarmu dan temukan sudut pandang yang nggak biasa melalui kreativitasmu.

Nah, sekarang saatnya kamu mengepak barang-barang, lalu mengeksplorasi tempat yang ingin kamu datangi. Agar nggak lupa, catat hal-hal yang penting dan menarik selama perjalanmu. Ambil foto, lalu tulis ceritamu! (IB08/E03)