Menilik Keabadian Api di Mrapen, Grobogan

Menilik Keabadian Api di Mrapen, Grobogan
Situs api abadi Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah (Exploreindo)

Api Abadi Mrapen adalah salah satu objek wisata menarik yang ada di Grobogan, Jawa Tengah. Api yang ada di sana nggak pernah padam meskipun diguyur hujan berkali-kali. Beberapa kali, api abadi di Mrapen juga dipakai sebagai sumber api untuk obor ajang olahraga nasional dan internasional.

Inibaru.id – Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah memang nggak begitu terkenal. Namun, jika membahas salah satu dukuhnya, yakni Dukuh Mrapen, kamu mungkin tahu kalau di sini terdapat situs api abadi yang sangat legendaris. Api abadi ini bahkan dijadikan sebagai salah satu api yang diarak saat Kirab Obor Asian Games 2018 beberapa saat yang lalu. Yap, Api Abadi Mrapen.

Viva.co.id, Rabu (18/7/2018) menulis, nama dari Dukuh Mrapen berawal dari kata “prapen” yang berarti perapian. Selain itu, masyarakat setempat juga menyebut wilayah ini masih berkaitan dengan Kyai atau Nyai Mrapi.

Mengenai api di Mrapen yang nggak pernah padam, rupanya diakibatkan fenomena geologi, Millens. Api itu selalu menyala karena gas alam yang keluar dari permukaan bumi tersulut api. Lantaran ada pasokan bahan bakar terus-menerus, api itu pun terus menyala.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, lokasi api abadi di Mrapen berada di Zona Depresi Randublatung. Pada zona depresi ini terdapat patahan dan lipatan yang memungkinkan gas keluar dari perut bumi. Sebagai informasi, gas ini sebagian besar adalah gas metana (CH4) yakni gas termogenetik yang dihasilkan  bahan organik fosil akibat tekanan dan suhu tinggi. Gas ini mudah terbakar dan tergolong sebagai gas beracun.

Konon, api di Mrapen mulai ada saat keruntuhan Kerajaan Majapahit pada 1478. Saat itu, Majapahit ditaklukkan Kesultanan Demak Bintoro. Saat Sultan Kalijaga bersama dengan rombongannya dalam perjalanan untuk memindahkan benda milik Kerajaan Majapahit ke Demak, mereka berusaha menyalakan api dan menemukan api abadi ini.

Ada pula versi lain yang menyebutkan api ini ditemukan Sunan Kalijaga. Versi pertama menyebut gesekan tongkat Sunan Kalijaga dengan tanah memicu percikan api yang terus menyala hingga sekarang. Sementara itu, versi kedua menyebut api ini memang sudah menyala sebelum Sunan Kalijaga tiba di wilayah tersebut.

Hayo, sudah pernah berkunjung ke Api Abadi Mrapen belum? (IB09/E04)