Pesona Laguna di Pantai Bopong

Berwisata pantai saat hari libur pasti menyenangkan. Eh, tapi, pantai itu nggak cuma identik dengan pasir, laut, dan karang lo. Di beberapa pantai, ada laguna yang juga bisa kamu kunjungi. Contohnya laguna di Pantai Bopong.

Pesona Laguna di Pantai Bopong
Laguna Pantai Bopong (pesonaindonesia.top)

Inibaru.id – Kamu pingin berenang di pantai tapi takut tergulung ombak? Coba deh jajal bermain air di laguna. Karena airnya tenang, kamu nggak usah khawatir terbawa ombak. Di Kebumen, Jawa Tengah ada kok pantai yang punya laguna. Namanya pantai Bopong.

Pantai Bopong ini ada di Desa Surorejon, Kecamatan Puring. Jaraknya sekitar 24 kilometer arah barat daya dari Kota Kebumen, dekat dengan Pantai Suwuk. Nah, yang bikin istimewa pantai ini adalah lagunanya, Millens.

Laguna tersebut adalah aliran dari muara Sungai Gajah yang lokasinya di antara Pantai Bopong dan Pantai Cliringsilongob di Desa Waluyorejo.

Meski laguna nggak besar cukup kecil dan nggak terlalu rindang, tapi kamu tetap bisa merasakan sensasi asyik bermain di sana. Pasalnya, suara deburan ombak dari pantai dan pasir berwarna cokelat bisa kamu nikmati di laguna tersebut.

Kini, laguna di sana sudah dilengkapi dengan beberapa spot berswafoto. Ada banyak sekali spot menarik yang sengaja dibuat oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Mulai dari jembatan, rumah pohon atau gardu pandang, spot foto berbentuk hati, dan spot unik lainnya.

Pengembangan tersebut sudah mulai dilakukan sejak bulan Oktober 2016. Selain spot foto, beberapa warung juga mulai beroperasi di sana. Jadi, kamu nggak perlu kebingungan kalau lapar dan haus. Nah, karena itulah, wisata laguna ini mulai dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur.

Kalau mau berkunjung ke laguna, kamu tentu harus memasuki area pantai Bopong terlebih dahulu. Cukup membayar Rp 3.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk parkir, kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Bopong yang ditumbuhi pepohonan cemara dan lagunanya.

Oya, menurut pesonaindonesia.top (12/02/2016), Pantai Bopong juga kerap dijadikan lokasi bertelurnya penyu. Tapi, kabarnya sekarang jumlahnya makin berkurang. Di samping itu, warga di sana juga kerap memperjualbelikan penyu-penyu itu. Sayang sekali ya, Millens.

Tunggu apalagi? Yuk, lingkari tanggal merahmu untuk berkunjung ke pantai Bopong! (IB06/E02)