Melihat dari Dekat Museum OHD, Mengagumi Seni Rupa Kontemporer

Melihat dari Dekat Museum OHD, Mengagumi Seni Rupa Kontemporer
Museum OHD. (Qubicle)

Kamu menyukai karya seni kontemporer? Jika iya, inilah tempat yang wajib kamu kunjungi untuk menambah wawasan senimu: Museum OHD!

Inibaru.id - Namanya museum OHD, sebuah museum pribadi kepunyaan Oei Hong Djien yang akrab dipanggil OHD, yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah. Di dalam tempat inilah kamu bakal menemukan berbagai karya seni kontemporer dalam negeri berupa lukisan, pahatan, patung, hingga new media art.

Pintu masuk ke Museum OHD. (Qubicle)

OHD adalah seorang dokter sekaligus kolektor lukisan. Saking banyaknya lukisan dan benda seni lain miliknya, pada 1997 dia membangun gedung untuk menyimpannya. Nggak cuma satu gedung, pada 2006 gedung kedua juga dia bangun. Akhirnya, pada 2012, museum OHD resmi dibuka untuk umum.

Museum OHD. (Georgoussis)

Sama sekali nggak rugi jika kamu bertandang ke sini. Pasalnya, banyak yang bilang lokasi wisata ini menjadi perwakilan esensi seni rupa kontemporer dan modern Indonesia. Beberapa koleksi yang ada di dalamnya juga sudah pernah dibukukan dalam karangan Dr Helena Spanjaard dengan judul Exploring Modern Indonesian Art, Koleksi dr Oei Hong Djien.

Museum OHD. (Qubicle)

Jangan menyangka jika di sini hanya ada deratan karya seniman senior Indonesia. Sebaliknya, salah satu alasan OHD membuka tempat ini karena pengin menjadikan museum ini wadah bagi seniman baru. Dengan koleksinya yang beragam itu, dia ingin mengenalkan seni rupa Indonesia kepada masyarakat umum hingga ke mancanegara.

Museum OHD. (Kabarmagelang)

Nggak susah menuju tempat ini, Millens. Letaknya strategis karena ada di tengah-tengah Kota Magelang. Kamu yang berasal dari luar kota atau luar negeri, bisa dengan mudah datang dengan menggunakan transportasi pesawat. Jarak antara Bandara  Adi Sucipto, Yogyakarta, dengan Magelang dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

Museum OHD. (Qubicle)

Museum ini buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB, kecuali Selasa. Untuk masuk dan menikmati karya seni di dalamnya, kamu cukup membayar Rp 50 ribu. Bahkan, kalau kamu datang bersama rombongan minimal 10 orang, kamu akan dibebasmasukkan alias gratis masuk Museum OHD. Hm, menarik, ya?

Yuk, buruan ajak komunitasmu, Millens! (IB20/E03)