Kesejukan Telaga Air Cempaka, Tegal

Desa di ujung selatan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, itu bernama Cempaka. Sebuah telaga kecil, sejuk dan asri, ada di sana dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Kesejukan Telaga Air Cempaka, Tegal
Telaga Air Cempaka (seputarwisata.com)

Inibaru.id - Asri. Itulah kesan pertama yang akan kamu tangkap ketika berkunjung ke Telaga Air Cempaka yang berada di Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Selain keasriannya, hawa sejuk telaga ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal dan wistawan untuk berkunjung. Yang asyik, kamu bisa menikmati keasrian dan kesejukan tempat ini bisa kamu nikmati tanpa mengeluarkan duit sepeser pun.

Ada cerita di balik nama telaga ini, Millens. Nama “Cempaka” konon berasal dari seorang wali bernama Mbah Suluk yang turut membangun desa tersebut. Mbah Suluk yang berasal dari Cirebon ini nggak hanya menyebarkan Islam, tapi juga membangun mata air yang dibutuhkan penduduk. Karena kontribusinya itu, penduduk kemudian sepakat memilih nama desa mereka dari bunga yang ditanam Mbak Suluk, yakni bunga Cempaka.

Baca juga:
Yuk Naik Loko Antik Mengitari Pabrik Gula!
Ketika Kampung Jadi Tempat Piknik di Solo

Dengan luas sekitar 15 m2, telaga yang memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa ini nggak hanya menjadi tempat wisata, namun juga digunakan sebagai sumber air untuk sawah-sawah warga di sekitarnya. Jadi, selain menikmati keindahan pemandangan telaga, kamu pun bisa memanjakan matamu dengan hijaunya persawahan.

Untuk menikmati keindahannya, kamu nggak harus selalu berdiri karena pemerintah desa telah membangun sebuah pondok kayu dan beberapa bangku cantik di tepi telaga. Meski Telaga Air Cempaka dangkal, tapi jangan kamu anggap bisa bermain air ya. Pasalnya, air telaga ini dingin banget.

Tetapi, walaupun nggak bisa bermain air, kamu masih bisa menikmati keindahan telaga ini sambil menyantap cucur serabi dan cukit yang dijual di depan Tuk Mudal, lo. Harga penganan ini terjangkau untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Hanya seriu rupiah. Murah, bukan?

Baca juga:
Di Atas Jembatan Cinta Bersama Sang Tercinta
Ayo Piknik ke Kota Seribu Curug di Purbalingga

Tertarik mengunjungi Telaga Air Cempaka? Gampang. Desa Cempaka adalah desa yang dapat dijangkau baik dengan transportasi umum seperti angkot dan ojek atau kendaraan pribadi. Jika kamu dari Slawi, angkot jurusan Slawi-Bumiayu bisa kamu pilih sebelum cari angkutan lain ke Desa Cempaka dari Terminal Bumiayu.

Dengan pesona khas pedesaan, Telaga Air Cempaka layak kamu kunjungi. Setiap sudut telaganya bisa kamu jadikan latar yang menarik untuk menghiasi akun Instagram-mu. Jadi, kapan kamu ke sana, Millens? (AS/SA)