Menikmati Rimbunnya Hutan Cepu dengan Naik Loko Tua

Menikmati Rimbunnya Hutan Cepu dengan Naik Loko Tua
Salah satu loko tua di Wisata Kereta Tua Loko Tour Cepu. (Infoblora)

Pengin naik kereta api di tengah rimbunnya hutan jati di Cepu? Mampirlah ke Wisata Kereta Tua Loko Tour. Di tempat ini, kamu bakal diajak mengelilingi tempat-tempat pengelolaan kayu jati milik Dinas Perhutani. Berapa harga tiketnya? Cari tahu dulu yuk!

Inibaru.id – Cepu adalah bagian dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Namun, karena keberadaan Blok Cepu yang menghasilkan minyak dan gas bumi, tak sedikit yang lebih mengenal kecamatan tersebut ketimbang Blora. Di tempat ini pula terdapat institusi pendidikan khusus keilmuan tersebut.

Selain minyak dan gas, Cepu juga dikenal masyarakat sebagai penghasil kayu jati yang dikelola Perum Perhutani. Di kawasan hutan Perhutani di Jalan Sorogo, Ngalengperhutani, Ngelo, kamu bisa menemukan Wisata Kereta Tua Loko Tour.

Pada Senin–Jumat, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 3.000 saja. Nah, kalau akhir pekan harga tiketnya naik jadi Rp 5.000, Millens.

https://situsbudaya.id/wp-content/uploads/2018/08/f7744-cepu_forest_railway_du_croo_brauns_locomotive.jpg

Keliling Hutan Jati dengan naik kereta yuk! (Situsbudaya)

Dibuka pukul 08.00–16.00 WIB, Wisata Kereta Tua Loko Tour bakal mengajakmu keliling menyaksikan pusat pembibitan jati, perjalanan ke hutan jati muda dan tua, lalu ke pusat penebangannya.

O ya, sebelum naik, kamu bisa memilih tiga jenis kereta ya. Kereta-kereta itu adalah Rustone, Drensine, dan Bahagia.

Untuk naik Rustone, kamu perlu membayar Rp 15 ribu, sedangkan kalau naik Drensine sebesar Rp 50 ribu. Sementara, khusus untuk kereta uap Bahagia, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam, yakni Rp 9-17 juta.

Kereta Bahagia dibanderol cukup mahal karena kereta tersebut butuh pembakaran kayu jati lebih banyak untuk menghasilkan uap guna menggerakkan loko.

Pengin mencoba? Silakan mampir ke Cepu ya! Usai naik kereta, masih ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi lo di Blora. Jadi, yuk berkunjung ke kabupaten ini! (IB15/E03)