Benteng Van Der Wijck, Si Merah yang Masih Tegak Berdiri

Benteng Van Der Wijck, Si Merah yang Masih Tegak Berdiri
Benteng Van Der Wijck. (jagadmakna.blogspot.com)

Dari jauh, warna merah bangunan kokoh ini sudah menarik perhatian. Benteng Van Der Wijck memang bangunan yang artistik dan mewah.

Inibaru.id - Belanda menduduki Indonesia selama 3,5 abad. Nggak heran jika di beberapa tempat di negeri ini terdapat bangunan peninggalan Negara Kincir Angin itu. Di Gombong, Jawa Tengah, misalnya, ada ikon wisata menarik berupa benteng yang berdiri kokoh sejak abad ke-18, yakni Benteng Van Der Wijck.

Oya, Gombong masuk dalam Kabupaten Kebumen. Benteng yang pernah menjadi lokasi syuting film The Raid 2 (2014) itu kira-kira berada 300 meter dari jalan raya Kebumen-Yogyakarta. Keberadaan benteng pertahanan ini merupakan salah satu objek wisata menarik di Jalur Pantai Selatan.

Benteng Van Der Wijck. (mykebumenwisata.blogspot.com)

Benteng Van Der Wijck mempunyai luas 3.606 meter persegi dan tinggi 9,67 meter. Di dalamnya ada 16 barak dengan ukuran 7,5 x 11 meter persegi.

Benteng yang dinamai dari nama komandan Belanda ini dibangun untuk meredam kekuatan pasukan dari Pangeran Diponegoro. Tapi sekarang, kompleks Benteng Van Der Wijck menjadi Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD.

Sebagai tempat wisata, Benteng Van Der Wijck tentu nggak sekadar menjadi benteng tua yang apa adanya. Pihak pengelola juga melengkapi objek wisata ini dengan taman bermain anak seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan, water park, dan kereta mini.

Benteng Van Der Wijck. (mamajagoan.com)

Nah, jika Millens berkesempatan datang ke sana, coba saja untuk naik kereta mini. Dengan kereta itu, kita bisa mengelilingi benteng dan menikmati pemandangan dari atas benteng. Dari atas itu pula, kita bisa melihat prajurit yang tengah berlatih di lapangan.

Bentuk bangunan yang menarik juga bikin benteng ini pas banget kita gunakan untuk berswafoto. Di bagian luar, bangunan ini didominasi dengan warna merah. Sedangkan di setiap ruangan di kawasan benteng ini dicat dengan warna putih. Pintu dan jendelanya berbentuk setengah lingkaran. 

Betul-betul unik dan menarik! So, kalau lagi melintas di jalur selatan Jateng, mampirlah ke sini. Sendirian atau berdua bakal sama-sama menyenangkannya, kok. Kuy(IB20/E03)