Mengagumi Panorama Lima Gunung dari Ketep Pass Magelang

Mengagumi Panorama Lima Gunung dari Ketep Pass Magelang
Ketep Pass Magelang (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Ketep Pass menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan beberapa puncak gunung di Jawa Tengah. Berteman teh hangat dan jagung bakar, kamu juga bisa melihat indahnya panorama dataran tinggi lengkap dengan udaranya yang sejuk.

Inibaru.id - Identik dengan udaranya yang sejuk dan segar, pegunungan menjadi tujuan wisata favorit sebagian besar, terutama pada masa liburan seperti sekarang ini. Salah satu wisata pegunungan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Ketep Pass yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berada pada ketinggian 1.200 mdpl, Ketep Pass menyuguhkan panorama indah dengan udara yang sangat sejuk. Inilah yang menjadi alasan orang-orang "menepi" sejenak dari rutinitas kerja.

Ketep Pass. (ladypiano.wordpress.com)

Mengutip jejakpiknik.com (3/12/2017),  Ketep Pass diresmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri sebagai Kawasan Wisata Jalur SSB (Solo-Selo-Borobubur). Kalau beruntung, sebagai sebuah "gardu pandang", kamu bisa "memantau" sejumlah puncak gunung besar di Jawa Tengah di tempat tersebut.

Jika cuaca sedang cerah dan nggak ada kabut atau awan yang menghalangi pandangan, kamu bisa menyaksikan lima puncak gunung sekaligus. Kamu bisa melihat Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi.

Selain lima gunung itu, kamu juga bisa menikmati gunung-gunung kecil dan perbukitan seperti Gunung Andong, Gunung Tidar, Gunung Pring, Perbukitan Menoreh, dan Telomoyo. Wah, banyaknya!

Dengan luas sekitar 8.000 meter persegi, kamu pun bisa mengunjungi Museum Vulkonologi dan Ketep Volcano Theatre. Jadi, nggak hanya sebagai wisata alam saja, Ketep Pass juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi.

 

Ketep Volcano Theatre di Ketep Pass. (Beritamagelang.id)

Mm, lapar? Datang saja ke Ketep Pass Restaurant. Selain itu, ada juga arena bermain anak-anak toko suvenir, musala, kamar mandi dan MCK, sebagai bagian dari fasilitas di sana. Area parkirnya yang luas juga cocok banget buat kamu yang datang dengan kendaraan pribadi.

Ketep Pass buka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Namun, sedari dini biasanya pengunjung sudah berdatangan untuk menonton sunrise. Mentari terbit di sana memang istimewa. Kamu bisa melihat indahnya matahari terbit di antara celah pegunungan.

Berpose di Ketep Pass. (Jamelatour.co.id)

Untuk menuju Ketep Pass, kamu bisa bertolak dari Salatiga dengan berkendara sekitar 1,5 jam perjalanan menuju arah Magelang. Lokawisata tersebut berlokasi di Blabak-Boyolali Km 16, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Jalannya yang mulus dan lebar memungkinkan kamu untuk naik motor, mobil, bahkan bus. Namun, kamu harus hati-hati lantaran jalannya cukup terjal dan banyak tanjakan.

Kamu bakal dikenai tarif sebesar Rp 7.500 per orang untuk masuk ke area Ketep Pass. Biaya itu sudah termasuk tiket masuk museum. Sementara, untuk menikmati sajian Ketep Volcano Theatre, kamu harus menambah biaya Rp 7.000, sedangkan kalau mau menyewa teropong, kamu harus membayar Rp 3.000.

Pemandangan Gunung Merapi dari Ketep Pass, Magelang, Jawa Tengah. (Tribunnews.com/Hamim Thohari)

So, tunggu apalagi, Millens? Yuk buruan ke Ketep Pass dan nikmati panorama lima gunung yang memesona pada libur Lebaran ini. (IB05/E03)