Sensasi Mandi Ala Kerajaan Ada di Umbul Tirtomulyo Boyolali

Sensasi Mandi Ala Kerajaan Ada di Umbul Tirtomulyo Boyolali
Umbul Tirtomulyo. (Jolygram)

Nggak cuma Taman Sari, Yogyakarta yang merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan. Umbul Tirtomulyo yang berada di Boyolali, Jawa Tengah ini juga dipakai raja-raja zaman dulu untuk berenang. Warga setempat percaya, mandi di kolam tersebut bisa membuat seseorang awet muda.

Inibaru.id – Nggak cuma Taman Sari, Yogyakarta yang dulu dipakai permaisuri dan putri raja untuk berendam. Salah satu tempat wisata di Boyolali, Jawa Tengah ini juga kerap dipakai para raja zaman dulu untuk berendam dan mandi, lo. Kalau ke sini, kamu bisa merasakan sensasi mandi ala kerajaan zaman dulu, Millens.

Yap, itulah Umbul Tirtomulyo yang berada di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Boyolali. Kamu bisa mudah menemukannya karena lokasi wisata ini berada tepat di depan Kantor Kecamatan Sawit.

Nama Umbul Tirtomulyo berasal dari tiga kata yakni umbul yang artinya “sumber”, tirto berarti “air”, dan mulyo bermakna “mulia”.

Jejakbocahilang.wordpress.com, Selasa (26/12/2017), menulis Umbul Tirtomulyo sudah diperkenalkan sejak masa Sri Susuhunan Paku Buwono X (PB X) saat memerintah Kasunanan Surakarta Hadiningrat (bertahta tahun 1866-1939). Raja dan kerabatnya sering berkunjung ke Umbul Tirtomulyo untuk menggelar padusan menjelang Ramadan atau sekadar tirakatan.

Selain itu, kolam pemandian ini juga dianggap sakral warga setempat karena sering digunakan untuk bertirakat. Mereka kerap kungkum (berendam) di sini untuk mencari pengasih dan wangsit (petunjuk). Bahkan, ada yang percaya bagi siapa saja yang mandi di umbul ini bakal awet muda. Wow!

Nah, karena dianggap sakral, kamu perlu berhati-hati saat berkunjung ke sana. Jagalah kesopanan di tempat ini ya Millens.

Gerbang masuk ke Umbul tirtomulyo, Boyolali. (Dewaeemas)

Saat memasuki lokasi, kamu akan melihat sepasang arca dwarapala dengan mata mengarah ke depan yang mana kesannya seolah-olah sedang menjaga tempat tersebut. Masuk lebih lanjut, pemandangan baru berupa kolam pemandian berair jernih hingga dasar kolam bakal menyambutmu.

Air kolam yang jernih itu bersumber dari mata air asli yang sekaligus berfungsi untuk pengairan sawah. Kolam yang berbentuk persegi panjang itu memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2 meter. Oh iya, kolam itu juga berisi beraneka macam ikan, lo. Barangkali kamu harus berpikir ulang kalau hendak berenang di sini.

Kolam tersebut dikelilingi tembok batu bata merah khas Kerajaan Mataram Kuno. Pepohonan yang tumbuh di sekitar kolam juga membuat tempat ini sejuk dan tenang.

Kendati demikian, tempat wisata ini masih terkesan sederhana. Nggak ada loker penyimpanan atau penitipan barang Kondisi ruang ganti juga tampak apa adanya. Ini membuktikan Umbul Tirtomulyo masih alami. Kini, pemerintah setempat sedang melakukan perbaikan di tempat wisata.

Umbul Tirtomulyo dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya masih terjangkau yakni Rp 2 ribu per orang. Bila mengendarai motor, kamu juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2 ribu per motor.

Mumpung sebentar lagi libur panjang, bisa nih Umbul Tirtomulyo masuk dalam daftar kunjungamu. Gimana, mantap betul, kan? (IB07/E04)