Yuk Nikmati Keindahan Titik Nol Citarum!

Berbeda dengan kesan Sungai Citarum yang negatif, hulunya ternyata memiliki pemandangan indah. Nggak kalah indah dengan danau lain di Bandung, Situ Cisanti punya banyak spot foto yang instagramable, lo.

Yuk Nikmati Keindahan Titik Nol Citarum!
Situ Cisanti (tempatwisatadibandung.info)

Inibaru.id - Siapa yang nggak tahu Sungai Citarum? Salah satu sungai di Jawa Barat yang terkenal akan polusinya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Bandung, nggak ada salahnya untuk mampir ke hulu sungai itu, tepatnya ke Situ Cisanti. Memiliki pemandangan yang indah kamu nggak bakal menyangka bahwa Situ Cisanti merupakan sumber dari Sungai Citarum yang kotor.

Dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak, Situ Cisanti berada di Desa Tarumaja, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya nggak jauh dari perkebunan teh Pengalengan. Di Situ Cisanti, kamu bisa melepas penat dengan menikmati suasana danau pegunungan yang indah dan sejuk. Kalau mau, kamu bisa juga berkeliling danau dengan perahu kecil sampai ke ujung danau.

Menjadi alternatif wisata alam di Bandung, banyak spot menarik untuk berfoto yang instagramable di Situ Cisanti. Bahkan ada juga yang melakukan foto prewedding di situ, lo. Wajar sih karena pemandangannya memang ciamik. Jadi buat kamu yang hobi fotografi, dijamin deh bakalan puas dengan pemandangan indah yang ditawarkan di titik nol Sungai Citarum itu.

Mengutip Kompas.com (4/1/2018), di danau yang memiliki luas sekitar 9 hektare itu, ada beberapa tempat yang menjadi spot favorit untuk berfoto. Misalnya nih di dermaga kayu yang berada di tepi danau. Saat memasuki kawasan danau mengikuti anak tangga, ambil jalur ke kiri. Nggak jauh dari sana, kamu bakal menemukan dermaga kecil yang sedikit menjorok ke tengah danau.

Baca juga:
Jejak Prasejarah di Pura Batur Kaja
Hanya Dua Kata untuk Ternate: Kunjungi dan Nikmati!

Bisa juga berfoto di tulisan “Kilometer 0 (nol) Citarum”. Berada di tepi Situ Cisanti, kamu bisa menemukannya dengan berjalan kaki sampai ke titik tulisan tersebut. Jaraknya nggak terlalu jauh kok. Tinggal mengikuti jalan setapak yang ada, jadi nggak perlu takut tersesat. Atau kalau nggak mau capai-capai jalan, kamu bisa menggunakan tulisan tersebut sebagai latar belakang foto.

Deretan pepohonan tinggi yang berada di area parkir atau wilayah dekat danau juga bisa menjadi tempat kece buat berfoto. Berada di antara deretan pepohonan, fotomu bakal terlihat instagramable. Selain itu kamu juga bisa duduk santai di atas di tikar sambil menikmati pemandangan dan makan bekal yang telah kalian bawa. Nggak bawa tikar? Tenang saja, ada penyewaan tikar untuk pengunjung sebelum pintu masuk kok.

Mengambil foto dari tepi danau juga nggak kalah kece hasilnya. Terutama kalau ingin mengambil panorama danau dalam satu frame foto. Salah satu tempat favorit untuk mengambil foto panorama berada nggak jauh dari kolam mata air. Dari situ, kamu bisa mendapatkan pemandangan indah danau yang luas dan tampilan gunung yang disinari matahari.

Oya, selain mengandalkan pemandangan danau yang indah, daya tarik lainnya dari Situ Cisanti adalah sumber mata air yang dimilikinya. Ada tujuh sumber mata air di Situ Cisanti yaitu  mata air Citarum, Cikahuripan, Cikoleberes, Cihaniwung, Cisadane, Cikawadukan, dan Cisanti. Namun yang paling terkenal adalah mata air Citarum dan Cikahuripan yang berjarak paling dekat dengan danau.

Untuk sampai ke mata air, tinggal berjalan kaki sekitar 500 meter dari pintu masuk. Memiliki mata air yang sangat jernih dan bening, kamu bahkan bisa melihat langsung apa saja yang berada di dasar kolam mata air tersebut. Selain menjadi tempat favorit untuk berfoto, pengunjung juga bisa mandi di mata air tersebut. Tapi tentunya dengan beberapa syarat. Sst… konon, mata airnya ini dahulu menjadi petilasan Raja Sunda, Prabu Siliwangi, lo.

Buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB, pengunjung bisa menikmati keindahan Situ Cisanti dengan membayar tiket masuk Rp 7.500 per orang. Berbagai fasilitas juga sudah disediakan supaya para pengunjung betah berlama-lama. Mulai dari area parkir yang luas, tersedianya musala dan juga beberapa tempat makan dan minum. 

Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke Situ Cisanti, terdapat dua jalur yang bisa kamu tempuh. Yang pertama yaitu melalui Pengalengan. Kamu bisa naik bus jurusan Bandung-Pangalengan dari terminal Leuwi Panjang. Dari situ, kamu bisa ambil angkutan desa jurusan Kertasari dan turun tepat di depan gerbang masuk lokasi.

Baca juga:
Catatan 2017: Lokawisata Kita yang Instagrammable Setahun Ini
Cari yang Antik-Antik dan Unik-Unik? Ke Pasar Klitikan Jogja

Tapi jika ke Situ Cisanti via Ciparay, dari terminal Ciparay belok kanan menuju ke jalan Lembur Awi-Ciparay, ikuti terus dan akan masuk ke jalan raya Pacet. Cukup ikuti terus jalan ini, setelah melewati pasar Cibeureum, maka lokasi danau nggak jauh lagi.

Yap, Situ Cisanti bisa menjadi bukti bahwa kamu bukan orang yang kurang piknik. (ALE/SA)