Menelusuri Bebatuan Unik di Gua Petruk Kebumen
Gua Petruk di Kebumen. (Perpusda Jawa Tengah)

Menelusuri Bebatuan Unik di Gua Petruk Kebumen

Kebumen nggak hanya menyuguhkan wisata pantai yang mempesona. Kabupaten di bagian selatan Pulau Jawa ini juga punya beberapa gua yang menawan salah satunya Gua Petruk.

Inibaru.id – Wisata alam Kebumen memang nggak habis untuk dieksplorasi. Selain pantainya yang berjajar banyak pilihan, ada pula beberapa gua di pegunungan karst. Nah, salah satu gua yang eksotis di Kebumen adalah Gua Petruk.

Berlokasi di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Gua Petruk memiliki bentuk batuan yang tergolong unik, Millens. Salah satu bentuk yang unik yakni batu lumbung karena bentuknya menyerupai lumbung yang dipakai orang zaman dulu untuk menyimpan hasil pertanian.

Konon, zaman dulu ada batu yang berbentuk menyerupai hidung mancung milik Petruk di gua ini. Sebab itulah gua tersebut dinamakan Gua Petruk. Namun, kamu sudah nggak bisa melihat batu tersebut sekarang lantaran sudah hilang akibat penambangan fosfat yang dilakukan Belanda.

Hasil gambar untuk goa petruk

Pemandangan di dalam Gua Petruk. (Instagram/@tan_pujianto)

Gua Petruk terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama berisi kelelawar dengan bau yang agak nggak sedap. Di bagian kedua terdapat gua yang bernama Gua Semar, dalam gua ini kamu akan disuguhi pemandangan bebatuan stalaktit dan stalagmit yang indah dan mempesona. Sementara untuk Gua Petruk, kamu baru akan menemukannya di bagian ketiga.

Oh iya, kamu juga bisa menemukan air terjun kecil di dalam Gua Petruk ini, Millens. Lumayanlah ada suara gemericik air yang menemanimu di gua yang gelap itu. Ada pula sungai kecil di dalam gua. So, usahakan pakai alas kaki yang memadai saat berkunjung ke sini.

Petualang ditemani pemandu wisata di Gua Petruk. (Long Life Indonesia)

Selain alas kaki, kamu juga perlu menggunakan helm dan membawa senter untuk menyusuri gua. Ribet bawa dong? Nggak perlu khawatir, kamu bisa menyewa peralatan itu kepada pengelola Gua Petruk.

Tertarik? Yuk, segera agendakan. (IB18/E04)