Keindahan Alam dan Budaya di Desa Wisata Lerep Ungaran

Keindahan Alam dan Budaya di Desa Wisata Lerep Ungaran
Turis mancanegara tengah mencoba memainkan musik lesung. (Myimage)

Di balik keindahan Kota Ungaran, tersembunyi satu desa cantik yang menarik untuk dikunjungi. Di Desa Wisata Lerep Ungaran, wisata yang menyenangkan bisa kamu lakukan di sana. Nggak hanya keindahan alamnya, budaya desa ini juga menarik untuk diamati dan dipelajari, lo.

Inibaru.id – Desa Lerep di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, merupakan salah satu desa wisata favorit di Jawa Tengah. Desa ini memiliki alam yang memesona dengan pemandangan Gunung Ungaran. Di desa ini pula terdapat Dusun Indrokilo yang kerap menjadi tujuan para wisatawan mancanegara.

Di sana, para wisatawan bisa menjajal kehidupan sebagai orang desa dengan belajar memerah susu sapi hingga membuat gula aren. Selain itu, kalau kamu ke sini, kamu bisa mencicipi kopi tradisional dari Dusun Indrokilo.

Kamu yang pencinta kopi tentu saja harus mencicipi kopi ini. Rasanya nggak kalah nikmat dibandingkan kopi di kedai langgananmu.

https://myimage.id/wp-content/uploads/2017/06/Indrokilo-8.jpg

Proses pembuatan gula aren di Dusun Indrokilo. (Myimage)

Bicara soal keindahan alam, dusun ini juga memiliki lokawisata alam berupa Curug Indrokilo. Kejernihan air terjun di tempat tersebut terlalu sayang untuk dilewatkan, maka mampirlah!

Untuk sampai di curug ini, para wisatawan akan melewati jalanan yang landai dengan tanaman kopi di sepanjang sisinya.

Pada waktu-waktu tertentu, Dusun Indrokilo juga menggelar beberapa tradisi unik. Tradisi-tradisi itu yakni Iriban, Sadranan, Manten Jaran, dan permainan lesung.

Iriban adalah acara selamatan jelang musim tanam padi, sedangkan Sadranan merupakan acara syukuran menjelang musim bulan puasa. Sementara, Manten Jaran adalah tradisi mengarak pengantin dengan menggunakan kuda keliling kampung.

Tujuan dilakukannya tradisi ini adalah supaya kehidupan rumah tangga keduanya bertahan hingga tutup usia.

https://myimage.id/wp-content/uploads/2017/06/Indrokilo-4.jpg

Sunat Manten. (Myimage)

Kesenian yang unik diperlihatkan lewat permainan lesung. Dalam kesenian ini, kamu diajak mendengarkan musik khas Dusun Indrokilo lewat lesung yang ditumbuk. Sayang, kesenian ini jarang ditampilkan kalau bukan untuk menyambut tamu agung.

Mengetahui keunikan Dusun Indrokilo bikin kamu pengin ke sana, kan? Kalau begitu, yuk liburan di dusun ini! (IB15/E03)