Menikmati Kedamaian Memancing di Rawa Pening

Menikmati Kedamaian Memancing di Rawa Pening
llustrasi: Memancing di Rawa Pening dengan keindahan alam sekitarnya yang luar biasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nggak hanya mendapatkan ikan, kamu bisa menemukan kedamaian pikiran saat memancing di Rawa Pening. Apalagi jika sempat menikmati keindahan matahari pagi di sini.

Inibaru.id – Millens, kamu pernah terpikir nggak untuk memancing di Rawa Pening? Di rawa yang ada di dekat Ambarawa ini, ternyata ada banyak spot memancing yang asyik. Selain itu, pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah, lo. Banyak pemancing yang mengaku sampai merasakan kedamaian saat melakukan hobinya di sini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memancing di sini. Sejumlah orang melakukannya di dekat dengan Bukit Cinta. Namun, kebanyakan memilih untuk melakukannya dengan perahu. Sensasi melaju ke tengah rawa sembari melewati sekumpulan enceng gondok juga terasa sangat menyenangkan.

Ada yang sengaja memancing di malam hari hingga pagi. Yang memancing setelah subuh hingga pagi juga ada. Intinya, mereka memilih untuk merasakan sensasi keindahan matahari terbit di danau dengan luas sekitar 27 kilometer persegi ini.

“Coba saja lihat di sana, meskipun mendung tapi deretan Gunung Merbabu, Telomoyo, dan bukit-bukit lainnya bisa memberikan kedamaian seperti air Rawa Pening yang tenang,” ucap Rochmad, salah seorang pemancing dari Kota Semarang pada Januari 2018 lalu.

Keindahan alam yang bisa kamu nikmati saat memancing di Rawa Pening. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Keindahan alam yang bisa kamu nikmati saat memancing di Rawa Pening. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ada sejumlah ikan yang bisa kamu dapatkan di sini. Sebagai contoh; nila, mujaer, wader, ikan gabus, atau bahkan ikan sepat. Ikan-ikan ini pasti nikmat deh kalau dikonsumsi.

Kalau kamu tertarik untuk memancing di Rawa Pening, nggak perlu bingung. Datang saja ke rawa ini dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Salah satu desa yang sudah menyediakan fasilitas bagi para pemancing adalah Desa Sumurup.

Di sini, kamu bahkan bisa menyewa perahu kecil seharian dengan harga Rp 10 ribu. Bahkan, ada juga jasa penyedia joran dan umpan dengan harga Rp 5 ribu. Kalau kamu ingin mencapai bagian tengah danau dan menyewa perahu bermesin, ongkosnya Rp 50 ribu. Tapi, masih harus tambah biaya jasa operator ya.

Ada beberapa persiapan khusus sebelum memancing di sana. Suhu udaranya cenderung dingin sehingga kamu harus membawa pakaian yang tebal dan panjang. Siapkan juga lotion anti nyamuk agar nggak bentol-bentol digigit serangga.

Jadi, gimana Millens? Tertarik menikmati kedamaian memancing di Rawa Pening? (Ant/IB09/E05)