Akhir Pekan Menjelang, Yuk, Jalan-Jalan Menikmati Gemericik Curug Panglebur Gongso Limbangan Kendal!

Sejuk, asri, dan segar! Ketiga rasa itu bisa kamu dapatkan di wisata satu ini. Curug Panglebur Gongso nggak cuma menawarkan keindahan alamnya saja, loh. Kamu juga bisa berenang di airnya yang berwarna unik.

Akhir Pekan Menjelang, Yuk, Jalan-Jalan Menikmati Gemericik Curug Panglebur Gongso Limbangan Kendal!
Curug Gongso. (jalanwisata.id)

Inibaru.id – Pernah nggak, membayangkan jalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam yang asri dan sejuk, lalu puncaknya disuguhi keindahan air terjun dengan airnya yang dingin dan segar? Wah, asyik banget nggak sih? Rasanya beban pikiran karena aktivitas sehari-hari bisa terangkat hilang.

Nah, buat kamu yang tinggal di sekitar Semarang, Wisata Curug Panglebur Gongso di Limbangan Kendal, Jawa Tengah ini bisa jadi destinasimu yang pengin berenang di air terjun atau sekadar menikmati suasana alam. Wisata ini menarik dikunjungi karena pesona keindahannya masih benar-benar alami.

Pesona Curug Panglebur Gongso Limbangan. (Pintaram)

Curug Panglebur Gongso, atau penduduk biasa menamakannya sebagai Curug Gongso, berada di kaki bukit Gunung Ungaran. Curug ini mempunyai ketinggian kurang lebih 7 meter dan di bawahnya terdapat kolam yang bisa dijadikan tempat mandi atau berenang.

Uniknya, genangan air yang jatuh dari atas berwarna hijau kebiru-biruan sehingga membuatnya terlihat seperti danau yang indah. Pun banyak satwa seperti burung pegunungan, capung, dan reptil-reptil kecil berkeliaran melengkapi kealamian wisata ini.

Ksatria Kumbokarno

Nama “Panglebur Gongso” konon diambil dari kisah Ksatria Kumbokarno, raksasa berhati ksatria yang berusaha meleburkan dosa dan gugur dalam pertempuran membela negaranya, Alengka. Lokasi Curug Gongso ini disebut sebagai tempat pertapaan Kumbokarno yang hingga kini masih nampak peninggalan jejak kakinya di bebatuan atas grojogan.

Sementara, pada sisi kanan bawah curug terdapat satu gua yang menurut mitos penduduk setempat bisa menembus hingga ke Masjid Demak. Apakah benar seperti itu, siapa yang tahu?

Mau membuktikan? Silakan datang ke curug yang berada di Jl  Raya Sumowono Limbangan KM 6, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, ini! Kamu bisa menuju tempat tersebut dengan mengendarai mobil atau sepeda motor.

Ada beberapa rute yang bisa kamu lewati. Namun, rute paling mudah adalah lewat Gedong Songo. Dari sana, kamu tinggal melaju ke utara sejauh kurang lebih 10 kilometer. Sedangkan kalau dari Kabupaten Kendal, kamu bisa ambil arah ke Sumowono dengan melewati Jalan Sumowono-Limbangan. Nantinya bakal ada spanduk penanda di kanan jalan.

Lantaran jalan yang cukup ekstrem dan berkelok-kelok, kamu harus berhati-hati saat melalui rute ke Curug Gongso. Terus, karena jarak antara lokasi parkir dengan curug sekitar 50 meter dan kamu harus berjalan kaki untuk menempuhnya, kondisi badanmu kudu fit kalau mau berkunjung ke sana. 

Bisa berenang sepuasnya di Curug Gongso. (teluklove)

Namun, tenang, meski harus berjalan kaki, perjalananmu nggak bakal begitu terasa, kok, karena kamu bakal disambut suasana asri khas pedesaan, lengkap dengan persawahan hijau di kanan-kiri plus sungai irigasi yang bening, dingin, dan segar.

Curug Gongso buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Untuk masuk ke lokawisata tersebut, kamu cuma bakal dikenai tiket sebesar Rp 4.000 per motor. Selain parkiran yang luas, kamu juga nggak perlu takut kelaparan karena banyak penjual di sekitar tempat wisata.

Gimana, Millens? Hampir akhir pekan, nih! Kepak ranselmu, kencangkan sepatumu, dan ayo jalan-jalan lagi! (IB07/E03)