Bukit Sidengkeng Jadi Spot Sempurna Nikmati Telaga Warna dari Ketinggian

Indahnya Telaga Warna paling pas dilihat dari ketinggian, salah satunya dari wanawisasta Petak 9 Bukit Sidengkeng. Seperti apa tempatnya?

Bukit Sidengkeng Jadi Spot Sempurna Nikmati Telaga Warna dari Ketinggian
Pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang dilihat dari Bukit Sidengkeng. (Inibaru.id/Putri Rachmawati)

Inibaru.id – Telaga Warna sudah sejak lama menjadi salah satu lokawisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Konon, air di telaga penuh legenda itu bisa berubah warna.

Untuk menikmati keindahan telaga secara utuh, kamu bisa pergi ke Petak 9 Bukit Sidengkeng yang letaknya berdampingan langsung dengan Telaga Warna, tepatnya berada di wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Nah, menaiki Petak 9 Bukit Sidengkeng ini, kamu bisa mendapatkan sensasi baru melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas. Wah!

Pengunjung yang menikmati indahnya pemandangan alam. (wisatadieng.net)

Buat kamu yang belum tahu kenapa Bukit Sidengkeng dinamakan Petak 9, ada penjelasannya, nih, Millens! Perum Perhutani sengaja memberi tiap objek wisata di Dieng yang berada di bawah pengawasan dan pengelolaan mereka dengan sebutan "petak". Sebagai contoh, Gunung Prau diberi nama Petak 8, sedangkan Bukit Sikunir berjukuk Petak 10.

Untuk mencapai di atas bukit, kamu harus masuk gerbang Petak 9 dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 saja. Lumayanlah! Setelah itu, kamu harus menapaki jalan menanjak selama kurang lebih 15 menit. Medannya? Sekitar 50 meter awal, kamu bakal dimudahkan dengan jalan yang telah dipaving. Namun, setelahnya, kamu harus menempuh jalan tanah yang berdebu pada musim kemarau.

Saat kemarau seperti sekarang ini, tanah menuju bukit itu cukup kering dan berpasir. Bukan hanya ketika naik, kamu juga harus memperhatikan kondisi jalan saat menuruni bukit. Tanah berpasir di sana cukup licin. Jadi, pakailah masker dan sepatu bersol karet sebelum memulai pendakian, ya!

Pemandangan Indah

Sepanjang "pendakian" ke puncak Bukit Sidengkeng, kamu bakal disuguhi pepohonan rimbun, aneka bunga seperti bunga terompet dan hydrangea, hingga tanaman berry gunung. Kamu dijamin nggak bakal bosan, deh, sepanjang perjalanan. 

Gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan lebih jelas. (wisatadieng.net)

Sebelum mencapai puncak, kamu sudah bisa nyaman menikmati Telaga Warna karena telah tersedia spot berupa gazebo dari kayu pada sejumlah titik. Kamu yang lelah mendaki bisa rehat sejenak di sana. Atau, kamu juga bisa menikmati rumah pohon serta ayunan kayu yang menghadap langsung ke arah Telaga Warna. Mau berfoto? Boleh banget!

Begitu sampai puncak, kamu akan dibuat kagum dengan betapa indahnya Telaga Warna dilihat dari ketinggian. Telaga berwarna toska itu tampak segar dibingkai lengkung telaga yang berdampingan dengan Telaga Pengilon yang terlihat begitu jernih.

Selain dua telaga tersebut, pemandangan Gunung Sindoro pun nggak kalah menarik. Kalau beruntung, kamu bisa melihat gunung tersebut dalam selimut kabut putih. Begitu mengagumkan!

Udaranya yang sejuk dengan suasana yang tenang bakal cocok banget buat kamu yang pengin melepas penat atau mau menyendiri.

Kamu nggak hanya bisa menikmati keindahan Bukit Sidengkleng kala siang, lo. Suasana malam di sana juga nggak kalah syahdu, Millens. Nggak percaya? Dirikan saja tenda di sana! Saat langit cerah, taburan bintang di langit akan membuat anganmu melayang jauh ke luar angkasa. Kamu nggak butuh teleskop, cukup kedua matamu saja yang menjangkaunya.

Hm, penasaran? Sudah akhir pekan, nih! Kemasi ranselmu dan habiskan akhir pekanmu di Bukit Sidengkleng, yuk! (Putri Rachmawati/E03)