Menikmati Asrinya Alam Brebes di Curug Awu

Menikmati Asrinya Alam Brebes di Curug Awu
Curug Awu dari kejauhan. (Instagram/gucidawuhan)

Butuh usaha lebih untuk mencapai air terjun di Brebes ini. Kamu juga kudu bawa bekal sendiri karena belum ada warung di sana. Namun, semua itu terbayarkan dengan keindahan wisata alam bernama Curug Awu tersebut.

Inibaru.id – Kabupaten Brebes di Jawa Tengah merupakan salah satu kabupaten dengan wisata alam yang memesona. Kabupaten ini memiliki banyak curug yang bisa jadi tujuan liburanmu.

Nah, salah satu curug indah itu adalah Curug Awu di Kecamatan Sirampang. Curug ini berada di Dukuh Gronggongan, Desa Wanareja, menyatu dengan kawasan hutan lindung. Hm, kebayang kan gimana suasana alamnya?

Di Curug Awu, kamu bakal menemukan dua sumber air yang dinamai Tuk Wangkang dan Setera Manggala. Namun, untuk sampai ke sana, kamu perlu usaha yang sedikit keras ya, Millens. Akses jalan ke sana lumayan terjal dan kamu perlu menempuhnya sekitar satu jam.

Pemandangan di dasar Curug Awu saat air melimpah. (Instagram/gucidawuhan)

Bicara soal asal-usul namanya, awu dalam bahasa Jawa berarti abu. Nama ini merujuk pada gambaran gimana air yang berhamburan di curug ini ibarat abu. Air terjun di Curug Awu memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Sembari main air, nikmatilah keasrian lingkungan Curug Awu. O ya, sebelum berangkat, sebaiknya siapkan bekal dan kantong plastik ya. Mengingat di kawasan ini belum ada warung makan, kamu tentu perlu menyiapkan bekal sendiri supaya nggak bingung kalau lapar. Kotoran yang kamu hasilkan selama di sana jangan lupa pula dimasukkan ke kantong plastik ya.

Kapan kamu berkunjung ke kabupaten ini? Kalau mampir Brebes, jangan hanya kulinernya saja yang dicoba, alamnya pun patut untuk dijelajahi. Sudah siap? (IB15/E03)