Mengulik Lebih Jauh Puluhan Kincir Angin di Pantai Baru Yogyakarta

Mengulik Lebih Jauh Puluhan Kincir Angin di Pantai Baru Yogyakarta
Wisatawan di Pantai Baru. (Happy Tour)

Pantai Baru nggak hanya menarik wisatawan karena keindahannya, tapi juga karena adanya puluhan kincir angin di sana. Puluhan kincir ini dimanfaatkan untuk mendapatkan listrik lewat tenaga angin. Dengan adanya PLTH di sana, ada banyak manfaat yang didapatkan warga, lo.

Inibaru.id – Kabupaten Bantul di Yogyakarta punya pantai yang nggak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul. Di kabupaten ini, tepatnya di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Srandakan, terdapat sebuah pantai yang unik yaitu Pantai Baru. Hm, seunik apa sih?

Saat tiba di sana, puluhan kincir angin raksasa bakal menyambutmu. Kincir-kincir dengan tinggi sekitar 10 hingga 15 meter itu rupanya digunakan sebagai sarana pembangkit listrik.

Nggak jauh dari kincir-kincir itu, terpasang pula panel-panel surya yang menangungi beberapa kolam ikan. Memanfaatkan tenaga angin dan sinar matahari, Pantai Baru memang menjadi tempat berdirinya Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH).

https://arifkoes.files.wordpress.com/2013/03/img_3311.jpg

PLTH di Pantai Baru membantu pedagang kecil mendapat aliran listrik dengan biaya yang lebih murah. (arifkoes.wordpress)

Suplai listrik ini kemudian dialirkan ke berbagai tempat, termasuk untuk para warga yang memiliki warung di dekat pantai. Pengelola PLTH juga mengalirkan listrik untuk menerangi jalan hingga membuat es dengan mesin.

Es-es itu kerap dibeli para penjual untuk melayani para wisatawan. Dengan adanya PLTH di sana, ini tentu membantu warga menghidupkan perekonomian desa.

PLTH Pantai Baru juga mengembangkan bidang perikanan dan pertanian. Kolam-kolam berisi ikan air tawar dibersihkan dengan menggunakan metode penyaringan tanaman. Metode ini dikenal pula dengan istilah sistem akuaponik. Nggak hanya kolam ikannya, pertanian lahan pasir juga menerapkan metode ini, lo.

Pengin menyaksikan bagaimana PLTH ini dikelola? Datanglah ke Pantai Baru. Meski PLTH ini juga memiliki beberapa kekurangan, wawasanmu terkait pembangkit listrik bakal bertambah.

Usai menengok PLTH, main-mainlah di tepi Pantai Baru. Panasnya cuaca bisa dihapus dengan kesegaran es kelapa. Jangan lupa juga bawa kamera untuk mengabadikan momen di sana ya! (IB15/E03)