Uji Nyalimu di Black Canyon Pekalongan

Selain objek wisata populer Green Canyon di Pangandaran, Black Canyon di Pekalongan juga menyuguhkan keindahan alam bebasnya yang nggak kalah keren. Di Black Canyon, kamu bisa menguji nyali dan memacu adrenalin di tengah alam bebas yang memesona. Tertarik?

Uji Nyalimu di Black Canyon Pekalongan
Kedung Sipingit atau Black Canyon (instapekalongan.tumblr.com)

Inibaru.id - Wisata pemacu adrenalin mungkin sesekali perlu kamu coba untuk liburan Lebaran kali ini. Yeah, biar habis merayakan Lebaran badanmu nggak jadi lebaran, sih. Ha-ha. Nah, bicara tentang petualangan, berwisata river tubing, rafting, hingga body rafting kayaknya bakal mengasyikkan ya, Millens.

Di Jawa Tengah, ada banyak tempat yang bisa kamu jadikan pilihan, salah satunya Kedung Sipingit di Kabupaten Pekalongan. Nama kerennya Black Canyon. Dikutip dari pesonawisatapekalongan.blogspot.com (25/5/2018), Black Canyon berada di Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Kedung Sipingit alias Black Canyon. (ksmtour.com)

Lokawisata air itu menyediakan sejumlah aktivitas seru seperti river tubing dan body rafting di Sungai Welo. Arus sungai tersebut memang terbilang deras. Airnya jernih, membuat sungai tampak hijau kebiruan. Sementara, dinding sungai berkelok-kelok itu berupa dinding tinggi dari batu kali yang berwarna kehitaman. Inilah yang membuat tempat itu dijuluki black canyon.

Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 75 ribu per orang untuk berwisata di Black Canyon. Paket wisata itu sudah termasuk kendaraan ke start point pergi-pulang, welcome drink di basecamp "Weloriver", makan siang, dokumentasi, safety tools (helm dan jaket pelampung), sertifikat, dan guide atau instruktur. Cukup lengkap, bukan?

Kedung Sipingit alias Black Canyon. (iyakan.com)

Oya, demi keamanan, selama perjalanan kamu wajib ditemani guide, ya. Ini karena rute Black Canyon cukup sulit dan tempatnya juga terbilang masih alam bebas. Situasi itu akan kian berbahaya saat hujan turun, karena kiriman air yang besar bisa tetiba masuk ke kedung.

Kamu bisa menikmati wisata trip tubing di Black Canyon dengan rombongan minimal lima hingga maksimal 20 orang. Selama empat jam "hanyut" di sungai, kamu akan diajak menikmati keindahan Sungai Welo yang memesona. Kamu juga akan disambut hutan hijau nan rindang di sepanjang pinggiran sungai. Sejuk, segar, sekaligus menegangkan! 

River tubing di Black Canyon. (ampuhkurniawan.wordpress.com)

Untuk mencapai Black Canyon, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 1,5 jam dari pusat kota ke arah selatan hingga menemukan gapura selamat datang ke ekowisata Petungkriyono. Selanjutnya, kamu harus menempuh perjalanan sekitar lima kilometer menuju Desa Kayu Puring hingga menemukan gang dengan spanduk bertuliskan ” Selamat datang di RIVER TUBING Weloriver”.

Kalau masih kebingungan, kamu bisa tanya penduduk sekitar ya, Millens. Sudah nggak jauh, kok dari spanduk tersebut. 

Tubing di Black Canyon. (dinporapar-pekalongankab.web.id)

Nah, kalau sudah siap menguji nyali, segera datang ke sana dan nikmati keseruan wisata air di Black Canyon! Tetap jaga keselamatan ya! (IB05/E03)