BerandaAdventurial
Rabu, 30 Nov 2022 15:39

Menguak Misteri Watu Tulis Cipaku di Purbalingga

Menguak Misteri Watu Tulis Cipaku di Purbalingga

Kesejukan Watu Tulis Cipaku dibawah rindangnya pohon beringin. (Twitter/Anthena25)

Watu Tulis Cipaku di Purbalingga sudah diteliti sejak dekade 1980-an. Tapi, misteri yang menyelimuti prasasti ini belum benar-benar terungkap sampai sekarang. Seperti apa sih situs ini?

Inibaru.id – Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan ini bisa berasal dari puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Ada yang asal-usulnya jelas, ada pula yang masih menjadi misteri.

Salah satu peninggalan bersejarah misterius yang cukup menarik bisa kamu temui di Dukuh Pangebon, Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Terdapat batu besar misterius bernama Watu Tulis Cipaku. Mengapa misterius, karena sampai sekarang belum jelas kapan batu ini ditemukan.

“Saya tidak tahu pasti kapan ditemukan, tapi lokasi ini dibangun sekitar tahun 1991, namun baru ditetapkan sebagai cagar budaya belum lama ini tahun 2018,” kata juru kunci Watu Tulis Cipaku Tunggal Pamudji sebagaimana dikutip dari Detik Travel (29/11/2022).

Misteri lainnya adalah adanya nama Indra Wardhana Wikrama Deva pada prasasti tersebut. Belum bisa dipastikan siapa dia, dari kerajaan apa, dan bagaimana bisa namanya sampai di Purbalingga.

Watu Tulis Cipaku (Google Maps/Damar Abdul)
Watu Tulis Cipaku (Google Maps/Damar Abdul)

Nama tokoh tersebut ditemukan oleh Arkeolog dari Universitas Gadjah Mada bernama Kusen. Sayangnya, tulisan dalam huruf Pallawa dan Bahasa Sansekerta pada batu tersebut kini sudah hampir nggak bisa dilihat karena proses alamiah.

“Tulisan (di atas batu) itu sudah pudar, tapi saya bisa tujukkan fotonya, kata peneliti dari UGM bunyinya Indra Wardhana Wikrama Deva,” jelas Tunggal Pamudji.

Mirip dengan Prasasti Ciaruteun

Watu Tulis Cipaku mulai diteliti sejak 1983 dan sudah ditetapkan menjadi Benda Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah pada 2018. Prasasti ini memiliki kemiripan dengan Prasasti Ciaruteun yang ada di Kabupaten Bogor. Apalagi, prasasti yang disebut terakhir juga ditulis dengan huruf Paloka dan bentuk Saloka.

Gambaran Teks di Watu Tulis Cipaku. (Wikipedia) 
Gambaran Teks di Watu Tulis Cipaku. (Wikipedia)

Hal ini membuat para arkeolog menduga jika prasasti ini juga berasal dari abad yang sama dari Prasasti Ciaruteun, yaitu abad ke-5-7 Masehi. Mereka pun menduga jika Indra Wardhana Wikrama Deva adalah nama dari seorang bangsawan atau raja dari Kerajaan Tarumanegara.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut belum bisa memastikan dugaan ini sebagai kebenaran. Misteri terkait prasasti ini pun belum terkuak sampai sekarang.

Meski penuh dengan misteri, bukan berarti situs ini penuh dengan unsur mistis ya, Millens. Nyatanya, situs yang dilengkapi dengan arca Ganesha dan Krishna ini justru jadi tujuan para wisatawan. Ada juga lo pengunjung yang sengaja bersemedi untuk beberapa hari di lokasi situs tersebut.

Menarik juga ya, kisah tentang Watu Tulis Cipaku ini. Kapan nih kita main dan mengecek prasasti ini secara langsung, Millens? (Fatkha Karinda Putri/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved