Petik-Petik Ranumnya Buah di Wisata Petik Buah Agro Cepoko Semarang
Di pertengahan tahun, pengunjung bisa memetik jambu kristal yang siap panen. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Petik-Petik Ranumnya Buah di Wisata Petik Buah Agro Cepoko Semarang

Buatmu si penyuka buah, tempat yang satu ini layak kamu kunjungi. Tak hanya menikmati  buah segar, kamu juga bisa merasakan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya, lo. Yap, di mana lagi kalau bukan di Agro Cepoko yang wajib masuk daftar liburan kamu!

Inibaru.id - Sudah ada rencana untuk mengisi liburan? jika belum, wisata yang satu ini perlu kamu coba. Wisata petik buah Agro Cepoko Semarang namanya! Untuk kamu pencinta wisata alam asal Semarang dan sekitarnya, wajib banget memasukkan lokawisata ini dalam daftar liburanmu mendatang. 

Berada di Jalan Cepoko Raya, Desa Cepoko, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Agro Cepoko menyajikan pengalaman wisata petik buah. Jarang-jarang kan bisa menikmati buah segar langsung? Yup, di sini kamu bisa memetik langsung berbagai macam buah-buahan lo, Millens!

Tampak depan Agro Cepoko yang terletak di jl. Cepoko Raya, Gunung Pati. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Wisata Petik Buah

Kebun buah itu punya fungsi utama sebagai pusat pendidikan untuk petani di Cepoko. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, tempat tersebut juga menjadi lokawisata alam dengan sajian utama wisata petik buah Agro Cepoko Semarang.

Pada musimnya, kamu bisa memetik kelengkeng, jambu kristal, sirsak madu, dan durian secara langsung. Nggak hanya itu, buah lain seperti plum, markisa, atau cherry guava, juga bisa kamu dapati.

Dengan harga mulai dari Rp 15.000-50.000 per kilogram, kamu bisa membawa pulang buah segar yang kamu petik langsung dari pohonnya.

Berbagai buah siap panen bisa kamu petik langsung. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Waktu Kunjung yang Pas

Menurut pengelola, waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Agro Cepoko adalah akhir tahun hingga sekitar Februari. Namun, kamu nggak perlu menunggu selama itu kok, Millens! Pada pertengahan tahun, puluhan pohon jambu kristal siap dipanen lo!

Untuk bisa memetik buah secara langsung, datanglah pada Sabtu dan Minggu sekitar pukul 09.00-16.00 WIB. Nantinya, pemetikan buah akan oleh petani. Mereka akan mengarahkan cara petik yang benar dan buah mana yang sudah matang sempurna dan siap dituai.

Eits, tapi ingat, jangan memakan buah sebelum ditimbang ya!

Petiklah buah dengan didampingi oleh petani ya! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Weekday Juga Bisa

Jika kamu nggak bisa datang pada akhir pekan, datang selama weekday juga nggak rugi kok. Meski nggak bisa petik buah, kamu tetap bisa membeli pelbagai bibit bunga dan buah. Kisaran harganya sekitar Rp 20 ribu untuk bibit di polybag, hingga Rp 3 juta untuk bibit buah indukan yang ada di pot besar.

Selain itu, di Agro Cepoko kamu juga bisa belajar membudidayakan tanaman langsung dari ahli pertanian yang bertugas.

Kamu juga bisa beli berbagai buah yang dijual oleh pedagang di depan Agro Cepoko. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Belum Dikenai Tarif

Untuk saat ini, Agro Cepoko belum membanderol tarif masuk. Menurut pengelola, tiket masuk ke agro seluas 2,7 hektare tersebut sedang dirundingkan dan mungkin bakal segera diterapkan beberapa waktu mendatang. Jadi, buatmu yang suka gratisan, kuy segera ke sana!

Oya, kalau nggak mendapati buah yang siap dipanen, jangan berkecil hati, karena kamu tetap bisa membeli buah-buahan dari pedagang di depan wisata petik buah Agro Cepogo Semarang tersebut. Asyik nih! (Zulfa Anisah/E03)