Mengisi Libur Lebaran dengan Mencari Hidung Petruk di Goa Petruk Kebumen

Mengisi Libur Lebaran dengan Mencari Hidung Petruk di Goa Petruk Kebumen
Goa Petruk. (Pariwisatakebumen)

Bukan lantaran Petruk pernah bersemayam di dalamnya kenapa gua ini bernama Goa Petruk, melainkan karena ada batu di dalam gua menyerupai hidung Petruk yang panjang.

Inibaru.id – Goa Petruk di Kabupaten Kebumen memiliki keindahan yang memesona mata. Nggak heran jika banyak wisatawan lokal maupun internasional mengunjungi gua yang berada di Dukuh Madayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah ini.

Dengan biaya tiket sebesar Rp 7.500, kamu sudah bisa menikmati pesona gua yang namanya diambil dari tokoh pewayangan, Petruk, yang dikenal dengan hidungnya yang mancung. Lantaran ada batu yang menyerupai hidung Petruk, gua ini pun dinamai Gua Petruk.

Mulut Goa Petruk. (Instagram/tan_pujianto)

Saat memasuki goa ini, jangan bayangkan kamu hanya akan menjumpai kegelapan. Pada beberapa bagian, Goa Petruk sudah dilengkapi dengan penerangan. Dari penerangan itu kamu bakal menyaksikan keunikan-keunikan yang terbentuk di dalamnya.

Bagian dalam Goa Petruk terbagi menjadi tiga. Bagian pertama, terdapat kelelawar yang bersarang di sana sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Pada bagian kedua, terdapat bebatuan yang indah. Cantiknya pemandangan di dalam goa ini sayang kalau nggak kamu abadikan.

Goa Petruk. (Instagram/@tan_pujianto)

Nah, bentuk-bentuk yang unik ini bisa jadi latar berfoto yang keren untuk diunggah ke Instagram, lo!

Terus, pada bagian terakhir, di sanalah terdapat batu yang bentuknya menyerupai hidung Petruk. Sayang, batu tersebut sudah dihancurkan pas zaman kolonial Belanda untuk kepentingan penelitian.

Pengin menyaksikan keindahan Goa Petruk? Yuk, kunjungi Kebumen! Kalau ke sana, jangan lupa wisata kuliner juga ya. (IB15/E03)