Menginap di Hotel, Pastikan Dulu Kebersihan Benda-Benda Ini!

Di dalam hotel selalu ada petugas kebersihan kamar. Namun, menurut riset, nggak semua bagian di kamar hotel selalu dibersihkan oleh mereka. Apa saja yang perlu kamu waspadai?

Menginap di Hotel, Pastikan Dulu Kebersihan Benda-Benda Ini!
Menginap di hotel. (Pixabay.com)

Inibaru.id - Lelah setelah menempuh perjalanan jauh, penginnya kita masuk hotel dan langsung menggunakan fasilitas yang ada. Kalau nggak tidur-tiduran di kasur, mungkin mandi air hangat bisa memulihkan otot-otot yang tegang selama di kendaraan.

Namun, meski kamar hotel terkesan bersih dan wangi, ada beberapa tempat di sana yang nggak melulu steril, lo. Jika kondisi badan sedang nggak bagus, bisa-bisa kita jatuh sakit karena kuman. Yap, sudah menjadi rahasia umum, tempat berikut terlihat bersih tapi belum tentu demikian.

Gelas

Gelas hotel. (Getty Images)

Dikutip dari akupaham.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ABC News Amerika terhadap 15 hotel di sana membuktikan, 11 hotel nggak mencuci dan mengganti gelas yang telah dipakai oleh tamu sebelumnya. Kebanyakan petugas hotel cuma membilas dengan air lalu mengeringkannya.

Selimut dan Sprei

Selimut dan sprei. (lostcoastshuttle.com)

Meski tempat tidur rapi dan harum, beberapa hotel mengaku memilih untuk nggak langsung mengganti sprei dan selimut setelah tamu keluar. Padahal, bukankah kebersihan selimut dan sprei itu penting? Tempat tidur yang kotor bisa menyebabkan alergi dan kemungkinan menularkan penyakit.

Remote Control

Remote control. (gulalives.co)

Seperti halnya remote control di rumah kita, remote control di hotel juga jarang dibersihkan. Jika yang memegang remote control di rumah hanya anggota keluarga kita, beda dengan di hotel. Ratusan bahkan ribuan orang telah memegangnya secara bergantian. Tentu banyak kuman, bakteri atau jamur yang menempel.

Meja

Meja kamar hotel. (world-adventurer.com)

Walau terlihat bersih, sebenarnya meja merupakan salah satu benda yang jarang dibersihkan oleh petugas karena jarang terlihat kotor. Petugas hanya membuang sampah plastik atau tisu di atas meja.

Meja Kamar Mandi

Meja kamar mandi hotel. (livedesain.com)

Bayangkan, setelah membuang air kecil maupun besar, sebagian orang memegang sisi-sisi meja kamar mandi, baru setelah itu mencuci tangan mereka. Kuman atau bakteri yang semula di tangan telah berpindah pada meja kamar mandi. Jika meja kamar mandi nggak mendapatkan perhatian dari petugas hotel, kuman bakal terus berkembang biak di sana, bukan?

Nah, rupanya tempat-tempat yang kelihatan bersih di hotel nggak selalu bersih kan, Millens? Riset memang dilakukan di Amerika. Tapi, nggak ada salahnya kita juga selalu waspada. Salah satu caranya dengan selalu membawa spray antibakteri saat bepergian dan menginap di hotel. (IB20/E03)