Menghirup Kesegaran Embung Tlogopucang Temanggung

Menghirup Kesegaran Embung Tlogopucang Temanggung
Pemandangan Sindoro Sumbing dari Embung Tlogopucang. (trawiya.blogspot.com)

Bermula dari telaga buatan yang digunakan sebagai sumber air cadangan bagi warga sekitar ketika musim kemarau, Embung Tlogopucang rupanya menawarkan potensi wisata yang kemudian dimaksimalkan masyarakat setempat.

Inibaru.id – Berada di daerah perbukitan, siapa sangka Temanggung punya telaga menawan yang bernama Embung Tlogopucang? Embung ini berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Yuk intip keelokan Embung Tlogopucang ini!

Awalnya embung atau telaga buatan ini dibuat sebagai sumber air cadangan di Desa Tlogopucang. Desa ini memang kerap dilanda kekeringan terutama saat musim kemarau datang. Nah, dengan embung inilah permasalahan rutin di Desa Tlogopucang cukup teratasi.

Seiring berjalannya waktu, banyak banget orang yang datang ke embung untuk sekadar berfoto dan menikmati kesejukan embung pada pagi hari. Dari sinilah Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat berinisiatif untuk menjadikan Embung Tlogopucang sebagai tempat wisata.

Sunrise di Embung Tlogopucang (wisatane.com)

Berbagai fasilitas pendukung pun dihadirkan, antara lain spot foto dari bambu-bambu, gubuk-gubuk kecil untuk tempat beristirahat, tempat parkir, toilet, dan musala. Di pinggir embung juga dibangun jalan setapak dan pagar kayu supaya para pengunjung merasa nyaman dan aman ketika berjalan mengelilingi embung.

Dari tempat ini kamu juga bisa melihat si kembar Gunung Sindoro dan Sumbing yang berdiri gagah di sisi barat, lo. Dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, tempat ini tentu akan menjadi tempat yang cocok untuk mengisi hari liburmu.

Untuk biaya retribusi pun murah banget, Millens. Melansir laman Eksapedia.com (24/5/2017), pengunjung hanya dipungut biaya sebesar Rp 3.000 per orang plus biaya parkir. Hm, kurang oke apalagi coba?

Salah satu spot foto di Embung Tlogopucang (travelingyuk.com)

Dari pusat kota Temanggung, dibutuhkan waktu berkendara sekitar 30 hingga 40 menit untuk mencapai Embung Tlogopucang. Jalan yang bakal kamu tempuh cukup berkelok-kelok. Jadi, jangan hilang fokus ya! Embung ini berada di atas bukit di sebelah SD Negeri 1 Tlogopucang.

Gimana, nggak begitu jauh, bukan? Kalau kamu sedang mudik ke sekitar Temanggung, nggak ada salahnya datang ke sini. Dijamin kamu nggak bakal rugi! Ha-ha. (IB13/E03)