Mengenang Kisah BJ Habibie lewat Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Tepi Pantai Parepare

Di Parepare, Sulawesi Selatan, kamu bisa menyaksikan romantisme Ainun-Habibie dalam monumen cinta yang dikelilingi air mancur.

Mengenang Kisah BJ Habibie lewat Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Tepi Pantai Parepare
Monumen Cinta Sejati Ainun-Habibie. (Instagram/_kickandhy)

Inibaru.id - Sekitar sepelemparan tombak dari Lapangan Andi Makkasau, Sulawesi Selatan, berdirilah monumen ini. Sejoli Ainun-Habibie abadi dalam patung yang lokasinya tepat di bibir pantai tersebut. Sejak diresmikan pada 2015 lalu, monumen di Jalan Andi Isah, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, itu nggak pernah sepi pengunjung.

Pada monumen tersebut, Habibie nampak mengenakan jas dan berkacamata. Sementara, Ainun, berkerudung dan menggenggam bunga. Bagi masyarakat Parepare, monumen itu spesial karena diresmikan sendiri oleh Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, sang putra daerah. Masyarakat setempat menyebutnya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. (Awalone)

Sejak disampaikan sang Thareq Kamal, bahwa Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subrotopada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB, apapun yang berkaitan dengan mendiang memang menjadi cerita publik. Lini masa medsos dipenuhi berita duka. Indonesia berkabung.

Salah satu hal yang banyak dibahas warganet adalah Monumen Cinta Sejati ini, selain, tentu saja, kisah Ainun-Habibie yang pernah diangkat ke layar lebar pada 2012 silam.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. (Beritakotamakassar.fajar)

Bagi masyarakat Indonesia, lelaki kelahiran Parepare, 25 Juni 1936, itu memang memberi kesan mendalam. Semasa hidup, Bapak Teknologi itu dikenal sebagai sosok karismatik, kalem, dan pintar. Dia juga sempat menjadi figur kesetiaan, seorang suami yang sangat mencintai istrinya, bahkan setelah Hasri Ainun Besari (Ainun) mangkat.

Terbuat dari perunggu, Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun menggambarkan sosok Ainun dan Habibie yang seolah tengah menyapa masyarakat Parepare. Habibie mengangkat tangan kanannya, sedangkan tangan kirinya merangkul Ainun. Sementara, Ainun menggenggam bunga dengan kedua tangannya. Keduanya tersenyum.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. (Instagram/visit_sulsel)

Sejak diresmikan, monumen yang dikelilingi air mancur tersebut menjadi tempat favorit warga setempat untuk menghabiskan malam. Nggak jarang warga dari luar Parepare sengaja datang ke tempat tersebut untuk sekadar berfoto di depan monumen ini.

Selain mengambil foto berlatar monumen tersebut, kamu juga menyaksikan foto-foto Habibie dan Ainun yang dipajang pada bagian belakang patung. Foto itu berisikan masa kecil Habibie, saat menjadi presiden RI, dan momen ketika Ainun-Habibie berada di Jerman. Hm!

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. (Instagram/handry.k)

Begitulah! Kini, Habibie telah bertemu Ainun. Kalau kamu rindu dengan sosok murah senyum ini, datanglah ke Parepare dan abadikan momen bersama Ainun-Habibie di monumen tersebut. Sugeng tindak, Eyang! (IB20/E03)