Mengenal Wayang Sembari Mengeksplorasi Desa Wanurejo Magelang

Mengenal Wayang Sembari Mengeksplorasi Desa Wanurejo Magelang
Salah satu pertunjukan seni di Desa Wanurejo Magelang. (Flickr)

Kamu tertarik pada wayang? Pengin belajar lebih jauh tentang wayang? Datanglah ke Desa Wanurejo di Magelang. Nggak hanya mempelajari setiap karakternya, kamu bisa pula belajar membuatnya, lo.

Inibaru.id – Desa Wanurejo di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memiliki acara menarik yang digelar setiap bulan pada Sabtu dan Minggu terakhir.

Sebagai desa wisata, desa ini memang memiliki agenda istimewa untuk menarik perhatian wisawatan. Pada hari tersebut, Desa Wanurejo biasanya menggelar pagelaran menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Mampir dan nikmatilah suasana pedesaannya. (Wanurejotourism.blogspot)

Kamu yang sedang bingung pengin menghabiskan akhir pekanmu di mana, mungkin bisa menjadikan Desa Wanurejo sebagai alternatif liburanmu. Selain menyaksikan pergelaran, terdapat pula Museum Wayang di desa ini, tepatnya di Sasana Guna Rasa, Hotel Pondok Tingal. Museum ini memiliki puluhan koleksi wayang yang indah untuk dipelajari.

Usai menyaksikan pergelaran dan mengamati wayang, jangan buru-buru pulang, Millens. Desa yang diapit Sungai Progo dan Sungai Sileng ini masih punya banyak hal menarik untuk dieksplorasi.

Museum Wayang di Sasana Guna Rasa, Hotel Pondok Tingal. (Sahadatmirza.wordpress)

Kalau punya uang lebih, sempatkanlah berbelanja cenderamata di sana. Desa Wanurejo memproduksi beberapa produk seperti kerajinan ornamen, kerupuk criping, celorot, hingga batik tulis. Produk-produk itu bisa jadi buah tangan yang pas untuk teman dan keluarga. Hayoo, mau borong berapa, nih?

O ya, selain Desa Wanurejo, kamu juga sebaiknya mengeksplorasi desa-desa wisata lain ya. Setelah dari desa ini, kamu mau ke mana lagi, Millens? (IB15/E03)