Telusuri Motif Batik Nusantara di Museum Batik Pekalongan

Telusuri Motif Batik Nusantara di Museum Batik Pekalongan
Museum Batik di Pekalongan. (Antara Foto/ Pradita Utama)

Sedang di Pekalongan tapi bingung liburan ke mana? Muesum Batik ini bisa jadi pilihanmu, Millens.

Inibaru.id – Batik menjelma sebagai pakaian formal yang acap dipakai masyarakat baik saat sekolah, kuliah, bekerja, bahkan kondangan. Memang sih sudah nggak asing lagi, tapi nggak ada salahnya kok belajar lebih jauh tentang warisan budaya Indonesia yang sudah dipatenkan UNESCO ini.

Bila tertarik mengenal batik lebih jauh, Museum Batik di Pekalongan ini bisa jadi rujukanmu, Millens. Museum Batik Pekalongan menempati gedung tua berbentuk segi empat simetris dengan taman di tengahnya. Konon, gedung itu sudah ada sejak 1906.

Museum yang terletak di Jl. Jetayu No 1 ini menyimpan koleksi-koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti dikutip Indonesiacayo.com, fasilitas yang dimiliki museum di antaranya ruang koleksi batik, ruang perpustakaan, ruang workshop batik, ruang pertemuan, ruang konsultasi, dan kedai batik.

Salah satu ruangan yang ada di Museum Batik Pekalongan. (Kampungwisatabatikmas)

Museum yang diresmikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006 silam itu memiliki tiga ruang utama. Ruang pertama digunakan sebagai tempat memamerkan koleksi aneka batik khas daerah pesisir Jawa seperti batik Cirebon, Batang, Pekalongan, dan Rembang. Alat seperti canting dan bahan yang digunakan dalam proses membatik juga dipamerkan dalam ruangan ini.

Ruang kedua diisi koleksi batik yang didapat dari sumbangan pejabat-pejabat negeri seperti Hatta Rajasa beserta istri, Wakil Presiden Budiono dan istri, pasangan Habibie-Ainun, dan Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya pada Juli 2012.

Sementara itu, ruang ketiga dikenal dengan Ruang Batik Nusantara.Ruang ini memamerkan koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di luar Jawa Tengah seperti Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, bahkan Papua.

Beberapa pengunjung terlihat sedang membatik di Museum Batik Pekalongan. (Khaerulleon)

Kalau pengunjung pengin belajar batik, bisa banget, lo! Ruang workshop yang berada di tengah gedung difungsikan sebagai area belajar bagi para pengunjung. Kamu bisa membatik dengan canting atau menggunakan alat cetak (printing).

Di lorong museum, kamu akan menemukan pajangan berupa perlengkapan batik untuk proses lanjutan. Ada pula prasasti peresmian serta salinan inskripsi UNESCO tentang batik Indonesia sebagai warisan budaya.

Bagi kamu yang ngaku pencinta batik, nggak ada salahnya kan berkunjung ke museum ini? Lumayan, bisa lihat koleksi sekaligus belajar membatik, lengkap! (IB24/E04)