Mengedukasi Anak dengan Kegiatan Menyenangkan di Kampung Edukasi Watu Lumbung

Mengedukasi Anak dengan Kegiatan Menyenangkan di Kampung Edukasi Watu Lumbung
Ada beberapa fasilitas edukatif di taman ini. (Sipenyugunung)

Berencana mengajak anak-anak berlibur ke Yogyakarta? Kampung Edukasi Watu Lumbung mungkin bisa jadi tempat yang tepat. Nggak hanya jadi tempat nongkrong yang asyik, kampung ini juga jadi sarana belajar yang menyenangkan. Ada apa saja di sana?

Inibaru.id – Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, sebagian orang memanfaatkannya untuk bepergian ke luar kota. Jika membawa anak, orang tua tentu harus bisa memilih tempat liburan yang bermanfaat. Daripada pusing hendak ke mana, Kampung Edukasi Watu Lumbung di Yogyakarta bisa jadi pilihan, lo.

Dibuka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 23.00 WIB, Kampung Edukasi Watu Lumbung menawarkan suasana yang menyejukkan mata. Untuk masuk ke sana, pengunjung nggak dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Karena di sana ada taman bacaan, nggak ada salahnya kamu membawa minimal tiga buku untuk disumbangkan. Pengelola kampung yang berada di Jalan Panglima Sudirman Parangtritis, Kretek, Bantul, ini pasti senang menerimanya.

https://squline.com/wp-content/uploads/2016/06/danti_aoi-20151110-0001.jpg

Senja di sini keren kan? (Squline)

Sebelum menjadi wahana edukasi, tempat ini dulunya sekadar hutan jati. Muhammad Boy Rifai-lah yang menggagasnya agar menjadi tempat yang nyaman dan bermanfaat pada 2003 silam.

Dengan mendirikan taman bacaan, dia berharap bisa menarik minat baca warga sekitar dan pengunjung. Eh, pengunjung yang menyumbang buku akan mendapatkan penghargaan berupa suvenir, minuman, atau makanan gratis, lo.

Selain taman bacaan, lelaki itu juga mendirikan beberapa gubuk dan gardu pandang dari bambu di sana. So, kamu bisa nongkrong sembari menikmati keindahan alam.

Supaya acara bersantai makin nikmat, pesanlah camilan di warung-warung di sekitarnya. Harganya relatif terjangkau kok.

Itu saja? Tunggu dulu. Selain nongkrong, kamu bisa bermancakrida juga, lo. Jika membawa anak, ajaklah dia mengenal alam dengan ikut menanam pohon, lalu menjelaskan bahwa dia sudah berkontribusi menyelamatkan hutan.

Hm, dengan pelbagai fasilitas di Kampung Edukasi Watu Lumbung, rasanya wisata ini memang pas untuk keluarga kecil. Selama di sana, abadikan momenmu bersama orang-orang tersayang dengan kamera ya. Siapa tahu, setelah melihat-lihat foto kegiatannya, anak jadi tertarik menjadi pencinta alam. Jadi, yuk, ajak dia ke sana! (IB15/E03)