Menepi Sejenak ke Gunung Kunir, Nikmati Keindahan Sunrise-nya!

Menepi Sejenak ke Gunung Kunir, Nikmati Keindahan <em>Sunrise</em>-nya!
Menunggu pagi di Gunung Kunir. (Indonesiapunyasegalannya.blogspot)

Penat bekerja selama hampir seminggu ini mungkin bisa kamu halau dengan berwisata alam, semisal menyaksikan mentari terbit di gunung. Nah, Gunung Kunir mungkin bisa jadi pilihanmu!

Inibaru.id – Nggak sedikit traveler yang bersedia bersusah payah naik gunung sekadar untuk menyaksikan betapa indahnya mentari terbit dari ketinggian. Nah, jika kamu termasuk yang begitu, memburu sunrise di Gunung Kunir mungkin bisa menjadi daftar weekend escape-mu pekan ini!

Gunung Kunir berada di Pegunungan Menoreh. Puncaknya ada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Diyakini masyarakat, gunung tersebut memiliki area terbaik untuk melihat sunrise di wilayah Purworejo. Untuk sampai ke puncaknya dan menengok matahari pagi, kamu cuma perlu waktu 15 sampai 20 menit. Hm, ini tentu cocok buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk naik gunung.

Kalau ingin beristirahat, ada gazebo-gazebo yang disediakan pengelola. Mau berswafoto? Bisa juga. Ada banyak tulisan unik yang menjadi ciri khas gunung ini, salah satunya “Di Kota Kita Tampan, di Gunung Kita Menawan”.

Dari gunung setinggi 870 mdpl ini, kamu bisa mengamati matahari pagi yang mulai bersinar. Bersamaan dengan munculnya gradasi warna yang cantik, kamu juga bisa mulai memanjakan diri dengan kehangatan matahari.

Pagi yang damai dan sinar mentari yang hangat perlahan menerpa wajahmu, adakah yang lebih indah dari itu? Plus, kamu juga bisa menyaksikan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu, Ungaran, Prau, dan Slamet sekaligus dari kejauhan.

Pada musim kemarau seperti sekarang, udara di Gunung Kunir akan sangat sejuk diiringi langit biru cerah. Tertarik?

Untuk mencapai Gunung Kunir, kamu bisa mengambil jalur ke arah Magelang dari pusat kota Purworejo. Setelah sampai di perempatan Kaliboto, masuklah ke gapura menuju Desa Kaliwader, lalu melalui ke Desa Kalitapas hingga tiba di Desa Benowo.

Nah, dari Desa Benowo, butuh empat kilometer perjalanan untuk sampai ke perempatan SD Benowo. Ini titik terakhir yang bisa dilalui kendaraan motor. Karena itu, perjalanan perlu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Tarifnya? Nggak ada, cuma parkir saja dan sumbangan alakadarnya. Oya, kamu juga bisa mampir ke Air Terjun Benowo saat turun dari Gunung Kunir.

Yuk, persiapkan akhir pekanmu ke sana! (IB20/E03)