Daycation di Tengah Kota Semarang, Menepilah ke Taman Indonesia Kaya!

Daycation di Tengah Kota Semarang, Menepilah ke Taman Indonesia Kaya!
Taman Indonesia Kaya. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Di tengah hiruk-pikuk kota Semarang, Taman Indonesia Kaya menjadi "pohon besar" untuk siapapun yang pengin sekadar ngadem atau daycation di tengah kesibukan kerja.

Inibaru.id – Dari kejauhan, saya sudah bisa melihat sebuah dome dengan ukuran sangat besar beronamen warna hijau. Dome tersebut memayungi panggung terbuka yang memiliki kapasitas penonton sebanyak 1.000 orang. Yap, itulah Taman Indonesia Kaya.

Rasa penasaran menarik saya untuk pergi ke taman yang baru saja diresmikan pada 10 Oktober lalu. Dengan berbekal kamera, saya berekspektasi akan dapat banyak lanskap menarik untuk dipotret.

Taman Indonesia Kaya (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Benar saja, taman yang sebelumnya dikenal dengan nama Taman KB atau Taman Menteri Supeno itu telah bertransformasi menjadi taman yang futuristik, tapi kental dengan sentuhan budaya tradisional. 

(Baca Juga: Selamat Tinggal Taman KB, Selamat Datang di Taman Indonesia Kaya)

Bangunan dome yang terlihat megah dengan ornamen berupa persegi memberikan kesan modern. Sementara itu, perpaduan budaya terlihat pada beberapa patung dan hiasan taman berbentuk wayang, tapi dari logam. Wah!

Pengunjung di Taman Indonesia Kaya (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Di sana, beberapa pengunjung terlihat duduk di bangku-bangku taman sambil berlindung di bawah pepohonan. Yap, area hijau di Taman Indonesia Kaya memang cukup rindang. Suasana tersebut bikin udara tengah Kota Semarang jadi lebih sejuk dan segar.

Saya rasa, taman ini cocok jadi tempat istirahat sejenak dari keriuhan kota. Kamu yang pengin daycation atau sekadar melepas penat dari kesibukan bekerja seharian juga nggak ada salahnya pergi ke tempat ini. Sejuk, nyaman, dan tenang!

Dari jantung kota Semarang, Simpanglima, kamu cukup ambil jalan ke selatan, lalu berbelok ke kanan di Jalan Menteri Supeno. Nggak jauh dari sana, Taman Indonesia Kaya berada tepat di depan SMA Negeri 1 Semarang.

Fasilitas Taman Indonesia Kaya

Pengunjung sedang berfoto di Taman Indonesia Kaya (Inibaru.id/ Mayang Istnaini

Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati dan lakukan di sana, mulai dari sekadar duduk santai hingga bergaya di depan kamera. Yap, Taman Indonesia Kaya memang instagenik, ada banyak sudut yang cukup  aesthetic untuk dijadikan latar berfoto. Nggak ingin melewatkan taman cantik ini, saya juga ikut berpose di sana, dong! He-he. 

Selain berfoto, saya juga menyempatkan diri untuk berkeliling taman. Di sana, ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati, mulai dari Taman Lima Pandawa, pelataran panggung, area hijau, amphitheater, dan gerbang yang dipenuhi gambar mural karya para seniman dari Kota Semarang.

Denah lokasi di Taman Indonesia Kaya (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Eit, nggak cuma itu, Millens! Pada malam hari, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan air mancur menari yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB. Tarian air mancur akan seirama dengan alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan yang diputar. Tambahannya, ada lampu warna-warni yang siap menyemarakkan gerakan air mancur.

Wah, pokoknya menyenangkan banget, deh, menghabiskan waktu di sana. Oya, kalau kamu juga mau berkunjung, datanglah saat pagi atau sore menjelang malam, ya. Jam-jam tersebut adalah waktu paling nyaman untuk daycation ke Taman Indonesia Kaya Semarang! (Verawati Meidiana/E03)