Menepi di Galeri Industri Kreatif Semarang di Belakang Gereja Blenduk

Menepi di Galeri Industri Kreatif Semarang di Belakang Gereja Blenduk
Galeri Industri Kreatif Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Para pengunjung Kota Lama Semarang kini nggak perlu bingung lagi mencari buah tangan. Pengunjung tinggal ke Galeri Industri Kreatif Semarang yang berada di belakang Gereja Blenduk. Ada apa saja ya?

Inibaru.id – Kota Lama Semarang sedang mematut diri. Selain jalan, trotoar, dan gedung tua yang dibenahi; banyak objek baru yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Galeri Industri Kreatif (GIK) Semarang.

Galeri yang berada persis di belakang Gereja Blenduk itu diresmikan sejak 27 Mei 2019. Bangunan itu dulunya adalah gudang PT Perusahaan Perdagangan Indonesia. Namun, oleh Pemerintah Kota Semarang diberdayakan sebagai galeri yang menampung barang-barang para pengusaha kecil dan menengah.

Dalam bangunan itu ada empat ruang yang tersedia. Keempat ruangan itu diisi tiga kategori barang. Ruang pertama sekaligus yang paling besar menampung lapak-lapak pedagang barang antik. Pedagang-pedagang ini dulunya menempati lahan di sebelah Taman Srigunting Kota Lama Semarang dan beberapa tempat di sekitarnya.

Ruang pedagang barang antik di Galeri Industri Kreatif Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Ruang kedua di sebelah kanan dan kiri ruang pedagang barang antik dimanfaatkan untuk memamerkan produk fesyen dan furnitur. Produk-produk tersebut merupakan hasil karya pelaku industri kecil dan menengah (UKM) di Jawa Tengah.

Ruang fesyen dan furnitur di Galeri Industri Kreatif Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Ruang terakhir sekaligus pintu keluar diisi lapak-lapak penjual makanan dan minuman. Selain makanan dan minuman sebagai pengobat lapar dan dahaga, kamu juga bisa menjajal aneka makanan khas Jawa Tengah, lo. Ada pula lapak yang menjual makanan khas sejumlah daerah di Jawa Tengah. Cocok nih dijadikan tempat ngadem setelah panas-panasan mengelilingi Kota Lama!

Ruang produk makanan dan minuman di Galeri Industri Kreatif Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Sayang, masih banyak lapak yang kosong di ruangan ini. Beberapa pedagang bahkan baru menyiapkan lapaknya.

Oh iya, ada ruang untuk photobooth juga, lo. Papan untuk foto itu bergambar Presiden Joko Widodo sedang naik motor. Lebih unik lagi karena kamu bisa seolah-olah membonceng Jokowi karena disediakan jok motor di photobooth itu.

Photobooth di dalam Galeri Industri Kreatif Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Kota Lama Semarang, jangan lupa kunjungi juga galeri ini ya. Kamu bisa membeli buah tangan, mengenyahkan lapar di perut, atau sekadar mengambil foto instagenik dengan barang-barang antik di sini. Eh, tapi jangan cuma foto-foto saja ya, sesekali boleh lo beli barang antiknya. He-he. Selamat berburu produk kreatif, Millens! (Ida Fitriyah/E05)