Menemu Kesenangan di Balik Citra Seram Alas Purwo

Menemu Kesenangan di Balik Citra Seram Alas Purwo
Wisata ke Alas Purwo, tempat yang sering dikira menyeramkan dan penuh hal mistis. (petawisatadunia.blogspot)

Alas Purwo mungkin sudah terlanjur dicap seram. Tapi, siapa sangka ada banyak tempat wisata menarik di sana. Ada apa saja?

Inibaru.id – Kalau membahas Alas Purwo, pasti yang terpikir adalah sebuah kawasan yang menyeramkan dan terkait dengan hal mistis. Padahal, wisata ke Alas Purwo sebenarnya sangat mengasyikkan, lo. Bagaimana nggak, di kawasan yang sudah jadi Taman Nasional ini, ada banyak sekali pemandangan alam yang indah banget.

Taman Nasional Alas Purwo ada di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di wilayah Kecamatan Tegaldimo serta Kecamatan Purwoharjo. Luas taman nasional ini lebih dari 44 ribu hektare. Menariknya, ada enam jenis ekosistem yang bisa kamu temukan di sini, yakni hutan bambu, mangrove, hutan alam, hutan tanaman, padang rumput, serta hutan pantai. Sudah terasa seperti apa ya kekayaan alamnya?

Berikut adalah sejumlah tempat wisata di Alas Purwo yang sayang kalau kita lewatkan, Millens.

1.       Savana Sadengan

Savana Sadengan. (Semangatbanyuwangi.id)
Savana Sadengan. (Semangatbanyuwangi.id)

Savana Sadengan terdiri dari padang rumput yang sangat indah. Di sini, kamu akan merasakan sensasi seperti sedang ada di Padang Serengeti di Afrika. Selain bisa menikmati padang rumput yang luas, kamu bisa melihat kawanan rusa, banteng jawa, hingga burung merak yang bebas berkeliaran di sana.

Tapi, kalau kamu ingin melihat burung merak, sebaiknya tiba pagi-pagi usai matahari terbit, tepatnya sekitar pukul 06.00 hingga 09.00. Kalau mau melihat kawasan rusa dan banteng Jawa, datang saja di sore hari sekitar pukul 15.30 sampai matahari tenggelam.

2.       Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan. (Pikiran rakyat - Febri AP)
Pantai Ngagelan. (Pikiran rakyat - Febri AP)

Nggak hanya pemandangan indah khas pantai, di Pantai Ngagelan kamu bisa melihat sejumlah penyu yang bertelur di sana. Jenis penyu yang bertelur bahkan bervariasi, dari penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik, hingga penyu lekang.

Kalau mau melihat hewan eksotis ini bertelur, datang deh di musim kemarau, atau sekitar Mei sampai September.

3.       Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi. (Surgaalaspurwo.com)
Pantai Trianggulasi. (Surgaalaspurwo.com)

Nggak hanya berhiaskan pasir putih dan deburan ombak yang memanjakan mata, Pantai Trianggulasi juga menawarkan keindahan lainnya. Di pantai yang cenderung sepi ini, kamu bisa saja melihat sekawanan rusa yang bermain di pinggir laut jika sedang beruntung. Kayaknya sangat menarik, ya?

4.       Hutan Mangrove Bedul

Mangrove Bedul. (Asliindonesia.net)
Mangrove Bedul. (Asliindonesia.net)

Tahu nggak, hutan mangrove Bedul ini adalah yang paling luas di Pulau Jawa? Di sana, kamu bisa menikmati hutan yang masih alami dengan melewati semacam jembatan kayu yang cukup panjang. Kalau mau berkeliling, kamu harus menyewa perahu milik nelayan lokal.

5.       Pura Luhur Giri Salaka

Pura Luhur Giri Salaka. (Wisatabaru.com)
Pura Luhur Giri Salaka. (Wisatabaru.com)

Kalau kamu mau ke Pantai Trianggulasi, pasti bakal melewati Situs Kawitan. Situs ini adalah peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Hingga sekarang, situs ini masih dipakai untuk upacara keagamaan. Nah, di sebelahnya juga ada Pura Luhur Giri Salaka yang juga jadi tempat ibadah umat Hindu.

Jadi, kapan nih wisata ke Alas Purwo? Nggak semenyeramkan yang dibicarakan banyak orang, kok. (Kom/IB09/E05)