Menelisik Sisa Perang Diponegoro di Museum Mandala Bhakti Semarang

Menelisik Sisa Perang Diponegoro di Museum Mandala Bhakti Semarang
Halaman Depan Museum Mandala Bhakti pasca-renovasi. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

 Coba deh sesekali belajar sejarah sambil plesiran ke museum! Selain dapat suasana baru, kamu juga bisa melihat langsung peninggalan sejarah. Contohnya, peninggalan sejarah Perang Diponegoro yang ada di Museum Mandala Bhakti ini!

Inibaru.id – Usai dipugar pada pertengahan 2019 lalu, jumlah kunjungan ke Museum Mandala Bhakti ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil renovasi yang memukau yang ditambah dengan penataan ruang yang menambah kesan klasik menjadikan museum ini jadi lebih menarik.

Di sini, kamu bisa belajar soal senjata perang yang digunakan oleh para tentara. Kita juga bisa melihat meriam dan aneka info terkait peta peperangan di masa lalu.

Koleksi peluru dan granat yang dipajang di Museum Mandala Bhakti. (inibaru.id/Sitha Afril)<br>
Koleksi peluru dan granat yang dipajang di Museum Mandala Bhakti. (inibaru.id/Sitha Afril)

Nggak hanya itu lo, Millens! Kamu juga bisa berfoto ala-ala pejuang di masa lalu atau berdandan ala pribumi Jawa asli di ruang foto. Yap, selain ruang sejarah yang khusus menceritakan Pangeran Diponegoro dan ruang persenjataan, Museum Mandala Bhakti juga dilengkapi dengan studio foto mini yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Tapi, tunggu dulu! Jangan asal foto dengan menyentuh koleksi museum secara bar-bar, ya! Tetap patuhi aturan yang berlaku dan gunakan saja properti yang memang dikhususkan untuk berfoto.

Koleksi meriam dan sejarah singkat Kodam IV Diponegoro yang akan membantumu untuk menelisik riwayat perang tempo dulu. (Inibaru.id/ Sitha Afril)<br>
Koleksi meriam dan sejarah singkat Kodam IV Diponegoro yang akan membantumu untuk menelisik riwayat perang tempo dulu. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

Selain benda-benda bersejarah, museum ini juga dilengkapi dengan foud court dengan berbagai stand di area luar, tepatnya di bagian parkiran yang siap menyambutmu dengan berbagai menu yang menarik. Terus, ada juga nih bioskop 3D yang sampai sekarang masih dalam tahap penyempurnaan.

Mantap, kan? Hehe, jangan lupa tambahin Museum Mandala Bhakti ke daftar tempat yang wajib kamu kunjungi setelah pandemi Corona ini berakhir ya, Millens! (inibaru.id/Sitha Afril)