Mencari Kesejukan di Air Terjun Eksotik; Grojogan Sewu Tawangmangu

Mencari Kesejukan di Air Terjun Eksotik; Grojogan Sewu Tawangmangu
Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. (Solo.co.id)

Bosan ajak keluarga main ke tempat hiburan indoor? Yuk, cari udara sejuk di Grojogan Sewu Tawangmangu. Bukan cuma udara yang menyegarkan, liburanmu bakal lebih mengasyikkan dengan melihat tingkah polah monyet-monyet liar yang lucu.

Inibaru.id – Mau cari tempat wisata alam yang asyik buat dikunjungi bareng keluarga? Ke Grojogan Sewu Tawangmangu saja. Destinasi wisata ini berada di kawasan dataran tinggi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kunjunganmu mungkin bakal lebih berkesan karena Grojogan Sewu yang mempunyai arti air terjun seribu itu memiliki banyak cerita mistis dan mitos yang diyakini masyarakat sekitar.

Masyarakat meyakini, orang bakal kualat jika melanggar hal-hal yang menjadi larangan di destinasi wisata dengan 1250 anak tangga itu.

Salah satu mitos itu, jika sepasang kekasih melintas di jembatan kecil yang disebut Kretek Pegat di depan Grojogan Sewu itu diyakini masyarakat akan berpisah atau putus.

Entah kebetulan atau mitos itu memang benar, pernah ada pasangan kekasih yang sempat berfoto di Kretek Pegat berakhir putus. Kabar putusnya hubungan asmara ini diceritakan langsung oleh salah satu pasangan kepada para pedagang ketika berkunjung kembali.

"Waktu itu pernah ke Grojogan Sewu, terus foto-foto dan melintasi jembatan kecil depan air terjun itu. Nggak terpikir mitos yang selama ini beredar, entah ini kebetulan atau memang mitos itu nyata. Saya dan pacar saya beberapa bulan setelah dari situ bubaran (putus cinta). Padahal saat itu udah merencanakan untuk menikah," kata Micki warga Kabupaten Sukoharjo ditemui di area Grojogan Sewu Tawangmangu, Sabtu (2/7/2022).

Kakek Penunggu

Jembatan kayu di depan air terjun yang konon bisa bikin pasangan putus cinta. (Instagram/meliya_januarti17 via Tribunnews)
Jembatan kayu di depan air terjun yang konon bisa bikin pasangan putus cinta. (Instagram/meliya_januarti17 via Tribunnews)

Nggak hanya mitos putus cinta jika datang ke Grojogan Sewu dan melintas di jembatan kayu depan air terjunnya bersama pacar, ada cerita mistis lain yang menjadi cerita masyarakat sekitar.

Menurut pengakuan beberapa orang, kerap tampak sosok kakek yang diyakini sebagai penunggu jembatan. Ia biasanya akan muncul ketika menjelang malam atau ketika kawasan Grojogan Sewu dipenuhi kabut. Duh, seram juga ya?

Selain itu, air terjun Grojogan Sewu yang sangat deras itu diyakini warga sekitar menjadi tempat berkumpulnya makhluk nggak kasat mata, hingga menjadi pertemuan makhuk gaib dan arwah atau roh para leluhur yang tinggal di Pulau Jawa.

Nggak heran, jika beberapa kali pernah ada kejadian mistis seperti kesurupan atau diganggu penunggu Grojogan Sewu.

Disambut Kawanan Monyet Liar

Hm, kita tinggalkan yang seram-seram sejenak deh. Di sana ada puluhan ekor monyet liar yang siap menyambut kedatangan pengunjung yang tiba di Grojogan Sewu. Buat kamu yang pengin ke sana tapi nggak mau dikerubuti monyet-monyet ini, hindari membawa makanan atau benda yang mereka sukai ya?

Di luar kisah mistisnya yang mungkin bisa bikin bulu kuduk berdiri, Grojogan Sewu Tawangmangu bukan tempat wisata yang mengecewakan. Asal kamu datang dengan berperilaku sopan, kayaknya nggak ada yang perlu ditakutkan. Betul nggak, Millens? (Lip/IB21/E07)