Mencari Kekayaan lewat Ritual Pesugihan di Sendang Bulus Jimbung Klaten

Mencari Kekayaan lewat Ritual Pesugihan di Sendang Bulus Jimbung Klaten
Sendang Bulus Jimbung Klaten. (Channel-indonesia)

Banyak cara orang memperloleh kekayaan, salah satunya dengan mencari pesugihan. Meski bagi sebagian orang itu dianggap mengada-ada, nggak sedikit yang masih percaya, termasuk mereka yang berkunjung ke Sendang Bulus Jimbung untuk menjadi kaya.

Inibaru.id – Pohon Ketos Keramat di Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten menjadi persinggahan orang-orang dari pelbagai daerah yang pengin melakukan pesugihan. Namun, bicara tentang pesugihan, selain Pohon Ketos, Klaten juga memiliki tempat "keramat" lain, yaitu Sendang Bulus Jimbung.

Sendang Bulus Jimbung berlokasi di Dusun II, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes. Jika berangkat dari pusat Kota Klaten, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar enam kilometer.

Lokasi sendang ini berada di utara Waduk Jati Ombor, Millens. Sendang ini dekat dengan lapangan Desa Jimbung, jadi nggak sulit mencarinya kok.

Setiba di sana, kamu akan melihat dua sendang yang terpisah sekitar 20 meter. Pada salah satu sendang, ada sebuah pohon besar yang menjadi tempat pengunjung melakukan ritual pesugihan. Sendang lain yang dikenal sebagai Sendang Pemandian Putri digunakan warga untuk melakukan aktivitas rumah tangga sehari-hari.

Sendang Bulus Jimbung. (Pelangidilangitbiru.wordpres)

Menurut legenda setempat, Sendang Bulus Jimbung dulunya dibuat oleh seorang pangeran. Sang pangeran bersabda bahwa kelak sendang tersebut akan didatangi orang-orang.

Konon, orang-orang yang mencari pesugihan akan dibantu oleh Nyai dan Kyai Poleng. Sebagai abdi Dewi Mahdi, sepasang istri-suami ini diyakini menjelma menjadi bulus atau kura-kura.

Saking seringnya dikunjungi orang-orang, citra Desa Jimbung pun menjadi kurang baik sehingga masyarakatnya mulai melarang pesugihan dilakukan di sana.

Hm, meski tabu, cerita ini bukan sesuatu yang jarang didengar dalam masyarakat Jawa. Bagi sebagian orang, meminta kekayaan pada makhluk halus terdengar nggak masuk akal. Namun, bagi sebagian lainnya, ritual ini merupakan salah satu bentuk usaha mencapai tujuan hidup. Kamu tim percaya logika atau tim percaya mistis? Ha-ha. (IB15/E03)