Menarik, Petilasan Nyi Ageng Serang Terapung di Tengah Waduk Kedungombo

Menarik, Petilasan Nyi Ageng Serang Terapung di Tengah Waduk Kedungombo
Waduk Kedungombo. (Nyi Kantil)

Banyak cara menghargai jasa Pahlawan Nasional, salah satunya dengan napak tilas perjuangan dan mendatangi makamnya. Nyi Ageng Serang, pahlawan perempuan yang gigih melawan Belanda, petilasannya ada di tengah Waduk Kedungombo. Tertarik untuk berkunjung?

Inibaru.id - Saat datang ke Waduk Kedungombo di Boyolali, kita nggak cuma bisa merasakan pengalaman berwisata air. Lebih dari itu, di sana kita bisa sekaligus wisata religi dan sejarah. Apa sebab? Karena di tengah waduk raksasa itu ada sebuah makam seorang Pahlawan Nasional, Nyi Ageng Serang.

Coba kamu amati, di tengah waduk yang berlokasi di Dusun Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, itu ada sebuah bangunan kecil yang mengapung. Di samping kanan dan kiri pintu masuk utamanya terpasang dua bendera merah putih. Itu dia makam pahlawan perempuan bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi.

Nyi Ageng Serang merupakan salah satu tokoh yang turut berjuang melawan Belanda bersama Pangeran Diponegoro. Putri dari Pangeran Natapraja yang juga Panglima Perang Sultan Hamengku Buwono I ini mengabdikan diri untuk kesejahteraan rakyat hingga akhir hayat.

Makam petilasan Nyi Ageng Serang di tengah Waduk Kedungombo. (Jawapos)

Lokasi awal makam Nyi Ageng Serang sebelum adanya pembangunan megaproyek Waduk Kedungombo memang berada di sana. Namun, pemerintah setempat sudah memindahkan makam tokoh pahlawan yang wafat pada 1828 itu ke Yogyakarta.

Kendati demikian, nggak sedikit wiasatawan yang datang ke Waduk Kedungombo untuk berziarah, siang maupun malam. Jumlah wisatawan makin banyak ketika datang Muharram.

Untuk datang ke sana, kamu kudu naik perahu sekitar 30 menit, Millens. Tenang, ada banyak perahu yang disiapkan di bibir waduk, kok. Nggak ada tarif khusus untuk naik perahu. Kamu cukup memberikan uang secara sukarela kepada pemilik perahu yang mengantarmu.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk napak tilas dan mengenal lebih jauh sosok pahlawan ini dengan datang ke sana? Oya, kamu bisa datang melalui Sragen, Boyolali, maupun Grobogan, karena Kedungombo berada di tiga wilayah tersbut. (IB20/E03)