Meski Murah Meriah, Nggak Boleh Sembarangan Memilih Jasa <em>Open Trip</em>, ya!
Piknik bersama "orang asing" lewat jasa open trip. (Saga)

Meski Murah Meriah, Nggak Boleh Sembarangan Memilih Jasa Open Trip, ya!

Lebih murah dan praktis menjadi dua alasan kebanyakan traveler saat ini memilih jasa open trip. Namun, jangan sembarangan memilih jasa ini ya! Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa saja?

Inibaru.id - Ketika plesiran sendiri atau bareng keluarga dianggap terlalu memberatkan, sebagian orang mulai berpikir untuk berbagi biaya liburan dengan orang lain. Konsep shared trip inilah yang kemudian ngetren di kalangan pelancong. Sejumlah traveler, dan juga travel agent, pun membuka jasa open trip.

Dengan harga dan fasilitas yang beragam, tentu saja lebih ramah di kantong, open trip menjadi solusi bagi pelancong dengan bujet minim. Namun, jasa semacam itu bukannya tanpa risiko. Kamu perlu berhati-hati saat menentukan jasa yang akan dipilih.

  1. Pastikan Legalitas Penyedia Jasa

Penyedia jasa open trip haruslah seseorang yang memiliki travel agent. Hal tersebut penting karena hanya travel agent yang memiliki aturan dan legalitas usaha yang jelas.

Aturan dan legalitas usaha membuat travel agent taat pada aturan usaha wisata Indonesia. Dengan begitu, open trip yang kamu jalani akan lebih terjamin.

  1. Ketahui Fasilitas yang Disediakan

Ketika membuat open trip, penyedia jasa akan memberi tahu biaya serta fasilitas apa saja yang didapat. Jika sudah memahaminya, konsumen dapat melakukan komplain jika terdapat ketidaksesuaian.

Selain fasilitas, pastikan juga apakah biro perjalanan itu menyediakan asuransi selama trip dilangsungkan.

  1. Cari Banyak Referensi

Jangan tergesa-gesa dalam memilih jasa open trip. Carilah referensi sebanyak-banyaknya! Lebih baik lagi jika penyedia jasa open trip adalah hasil rekomendasi dari teman atau orang lain yang sudah pernah mengikutinya.

Referensi itu juga bisa kamu cari di internet. Kebanyakan penyedia jasa tour sudah memiliki media sosial. Kamu bisa cek komentar-komentar di media sosialnya sebagai bahan pertimbangan.

  1. Cek Penyedia Jasa dengan Saksama

Jasa open trip yang terpercaya biasanya memiliki laman resmi yang di dalamnya mencantumkan tanggal keberangkatan trip, lokasi tujuan, dan biayanya. Hal-hal tersebut dijelaskan secara saksama.

So, pastikan penyedia jasa itu bakal memberangkatkanmu pada waktu yang ditentukan, lengkap dengan apapun yang mereka janjikan.

  1. Jangan Tergiur Harga Murah

Bukan meremehkan, tapi harga sebuah trip yang terlampau murah patut kamu curigai. Bandingkan dulu harga tersebut dengan harga di pasaran dari penyedia jasa open trip lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam memilih penyedia jasa open trip. Hati-hati dan selalu waspada ya! Kalau salah pilih, bisa-bisa bukannya plesiran yang kamu dapatkan, malah stres karena jadi korban penipuan! Ha-ha. (MG28/E03)