Setelah Sekian Lama, Kesampaian Juga Memerah Susu Sapi di Peternakan Indrokilo!

Suka susu sapi seperti saya dan pengin memerah susu sapi dengan tangan sendiri? Silakan menyambangi Peternakan Sapi Indrokilo. Hm, pengalaman yang, err, begitulah! Ha-ha.

Setelah Sekian Lama, Kesampaian Juga Memerah Susu Sapi di Peternakan Indrokilo!
Peternak di Dusun Indrokilo sedang memerah susu sapi dengan cara manual. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti)

Inibaru.id - Bukan kali pertama saya menyambangi kandang sapi di Desa lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ini. Peternakan Sapi Indrokilo namanya. Tujuan saya satu, yakni menjajal memerah susu sapi. Namun, lantaran selalu kesorean, para peternak biasanya sudah selesai memerah.

Ketika kesempatan itu datang belum lama ini, saya mencoba nggak menyia-nyiakannya. Datang ke kandang sekitar pukul 16.00 WIB, saya bertemu Jembar Nugroho dan dua rekannya yang tengah sibuk memerah sapi mereka, lalu mengutarakan keinginan. Gayung bersambut, saya diperbolehkan melihat lebih dekat.

Kandang Jembar berisikan 15 ekor sapi. Sebelum diperah, kandang akan dibersihkan terlebih dahulu. Sapi-sapi juga dimandikan, lalu diberi makan. Setelah semua "ritual" itu tuntas, sapi baru diperah susunya.

Untuk memerah, Jembar menggunakan dua cara: manual memakai tangan dan menggunakan mesin pemerah. Dua cara itu dilakukan dengan sterilisasi yang cukup baik.

Jembar Nugroho sedang memerah susu sapi menggunakan mesin. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti)

Mengurungkan Niat

Saat Jembar menawari saya untuk mencoba memerah susu sapi, keberanian saya menciut. Kendati sempat menggebu-gebu, nyali saya hilang begitu melihat sapi-sapi itu dari dekat. Saya takut sapi yang tampak begitu besar itu merasa nggak nyaman, lalu menendang saya yang rapuh ini. Hiiii!

Sedih sih, tapi ya sudahlah! Untuk menghibur diri, saya pun membeli seliter susu murni hasil perahan itu. Susu seharga Rp 6.000 kemudian saya rebus di tempat kenalan saya di Desa Lerep. Dengan tambahan sesendok gula pasir, susu sapi hangat ini terasa gurih dan nikmat.

Jembar biasa memerah sapi dua kali dalam sehari. Dia biasa berangkat ke kandang setelah salat Subuh dan Asar. So, kalau kamu pengin melihat sendiri proses memerah susu sapi, datanglah ke kandang sekitar waktu itu ya, Millens

Pembeli susu sapi murni hasil perahan Jembar Nugroho. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti) 

Dia bercerita, saat ini Peternakan Sapi Indrokilo memang sudah nggak seramai dulu. Dulu, ketika Pokdarwis Lerep masih mengarahkan wisatawan ke peternakan untuk wisata edukasi pemerahan susu, tempatnya lumayan ramai. Jadi, kalau ada yang pengin melihat pemerahan, Jembar mempersilakan siapa pun untuk langsung datang saja.

"Tinggal datang saja ke sini, Mbak!" kata dia, santai.

Nah, sudah dipersilakan, tuh! Sudah tahu juga kapan bisa ke sana, kan? Eits, tapi kalau berniat memerah susu sapi, siapkan mentalmu dulu, ya! Jangan cemen seperti saya! Ha-ha. (Lala Nilawanti/E03)